Salah satu hal yang dianggap penting sebelum melakukan pembangunan adalah pemilihan bahan atau material yang digunakan untuk membangun. Material yang digunakan tentunya harus memiliki kualitas yang baik sehingga akan dihasilkan sebuah tempat yang juga berkualitas.

Beberapa Tips untuk Memilih Material Bangunan yang Tepat

Ada 7 tips yang perlu kalian perhatikan dalam pemilihan material yang berkualitas agar mendapatkan tempat yang juga berkualitas. Berikut akan diulas mengenai beberapa tips yang harus diperhatikan.

  1. Pemilihan pasir

Pasir menjadi salah satu material yang penting digunakan untuk pembangunan suatu tempat. Untuk mengetahui kualitas pasir yang baik maka kalian perlu memilih yang memiliki sedikit kandungan lumpur di dalamnya. Pasir yang berkualitas akan terasa lebih menyakitkan atau tajam jika digenggam.

  1. Pemilihan batu

Batu yang berkualitas untuk pembangunan adalah dari jenis batu belah. Dengan memilih menggunakan batu belah maka akan membuat lebih awet tempat yang di bangun yaitu dengan pondasi yang cukup kuat. Untuk memperkuat sebuah bangunan diperlukan batu sehingga carilah batu dengan kualitas yang baik.

  1. Pemilihan besi

Pemilihan besi untuk digunakan sebagai material juga tentunya harus yang berkualitas. Besi yang kalian akan gunakan haruslah memiliki standar nasional. Gunakanlah besi yang memang memiliki ukuran sesuai misalnya 8 mm adalah 8 mm. Ada banyak sekali pilihan besi yang bisa kalian pilih tentunya dengan beragam harga dan kualitas yang akan ditawarkan.

  1. Pemilihan batu bata

Material selanjutnya yang harus kalian perhatikan dalam pembangunan adalah batu bata. Batu bata yang seharusnya kalian gunakan adalah yang terbuat dari tanah liat dan juga memiliki warna yang kecoklatan. Untuk mengetahui apakah batu bata yang digunakan berkualitas atau tidak ada satu cara mudah yaitu dengan mengetuk batu bata. Untuk mengetahui kualitasnya maka ketuklah batu bata tersebut dan jika akan menghasilkan suara nyaring maka gunakan. Batu akan terasa enteng dan tidak mudah hancur. Pemilihan batu bata yang tepat akan dapat membantu dalam keberhasilan pembangunan yang dilakukan.

  1. Pemilihan papan gipsum

Untuk menciptakan sesuatu yang sempurna dalam proses pembangunan selanjutnya adalah dengan pemilihan papan gipsum. Papan gipsum ini menjadi salah satu material yang cukup populer terutama di era sekarang. Untuk mendapatkan papan gipsum yang benar – benar berkualitas dibutuhkan beberapa kriteria salah satunya adalah pemilihan papan yang memiliki permukaan benar – benar lurus atau dapat dikatakan dengan tidak bergelombang.

  1. Pemilihan genteng

Genteng juga menjadi salah satu material yang sangat digunakan yang berfungsi untuk digunakan sebagai penutup sebuah atap rumah. Genteng yang memiliki kualitas baik salah satunya adalah genteng keramik yang sudah banyak terkenal sejak jaman dulu. Ada banyak variasi dari genteng yang bisa dipilih. Tidak boleh sembarangan dalam memilih atap untuk rumah.

  1. Pemilihan keramik

Keramik dijadikan sebagai lantai dalam pembangunan. Keramik memiliki berbagai warna dan corak atau motif. Kalian dapat memilih yang berkualitas untuk sebelumnya digunakan dalam proses pembangunan. Untuk pemilihan keramik perlu memperhatikan beberapa hal yaitu, pilihlah keramik yang tidak meninggalkan bekas jejak saat tertempel tangan, berat yang cukup, tahan pada goresan.

Trik Membeli Material Bangunan dengan Harga Miring

Untuk Anda yang sedang membangun rumah alias properti Indonesia milik pribadi, pengeluaran terbesar yang harus dilakukan selain membayar tukang adalah membeli material bangunan. Anda pun berusaha sekeras mungkin untuk menekan biaya tersebut dengan mencari material dengan harga murah tetapi tetap berkualitas.

Ya, membeli material dengan harga yang miring sebenarnya susah-susah gampang. Susah karena Anda harus mengeluarkan effort untuk mencari harga murah dan mudah, karena menemukannya tidak sesulit itu, kok. Berikut trik yang kami sarankan untuk mencari material bangunan dengan harga miring:

  • Beli bahan material sendiri

Alih-alih menyerahkan pembelian material pada tukang yang mengerjakan pembangunan, cobalah untuk mencarinya sendiri. Memang, para tukang memiliki informasi di mana mereka bisa membeli material dengan harga murah, tetapi soal kualitas siapa yang tahu? Lebih aman jika Anda membelinya sendiri dan membuktikan kualitasnya, bukan? Terlebih lagi, Anda bisa terbebas dari ‘uang jalan’ yang biasa ditambahkan oleh para tukang bangunan.

  • Jangan pernah mengecek harga hanya di satu toko

Cobalah untuk pergi ke beberapa toko dan bandingkan harganya. Tidak hanya mencari di toko bangunan yang dekat dengan rumah Anda, tetapi juga cari melalui internet. Jika Anda memutuskan untuk membeli material bangunan yang agak jauh dari rumah, coba perhitungkan pula ongkos kirimnya, ya. Sebisa mungkin cari yang paling murah namun juga kualitasnya baik. Anda juga bisa mengunjungi distributor dari material bangunan karena biasanya mereka menjual barang-barang dengan harga lebih murah.

  • Tidak perlu takut untuk bernegosiasi.

Apalagi jika Anda memutuskan untuk membeli semen, pasir, batu bata, kayu, dan bahan lainnya di satu toko. Diskusikan harga yang terbaik untuk kedua pihak. Mintalah diskon atau penurunan harga. Jika Anda melakukannya dengan sopan dan diplomatis, si pemilik toko juga akan luluh, kok.

  • Tanya kepada kerabat dekat.

Setiap orang pastinya punya referensi toko bangunan yang menjadi langganan. Tanyakan kepada kerabat, toko bangunan mana yang recommended dan mana yang tidak. Cari tahu sebanyak-banyaknya dan buktikan sendiri.

  • Beli secara online

Hal terakhir yang dapat dilakukan adalah membeli bahan bangunan secara online. Hal ini penting dan mudah dilakukan karena semua hal terkait kebutuhan bahan bangunan dapat dilakukan hanya melalui smartphone ataupun laptop.

Untuk membeli bahan bangunan secara online dapat memanfaatkan marketplace toko bangunan Ukur.com. Ukur merupakan sebuah marketplace yang memiliki fokus pada bidang konstruksi saja dan berdiri sejak tahun 2020. Marketplace ini memiliki kelebihan sekaligus pembeda dari marketplace lain. Selain hanya berfokus pada bidang konstruksi, Ukur juga menjadi solusi alternatif bagi penjual.

Pasalnya banyak toko bangunan yang terkadang mengalami kerugian karena barang terkirim namun tidak dibayar. Bahkan pembayaran cenderung lama dan barang pesanan menumpuk. Dengan sistem online, pembeli memang harus melakukan pembayaran terlebih dahulu agar barang bisa terkirim.

Adanya marketplace Ukur juga menjadi solusi bagi para konstruktor. Salah satu kesulitan yang sering muncul adalah harga konstruksi yang terlalu tinggi karena markup yang banyak. Namun dengan marketplace ini, harga bisa lebih terjangkau dan memiliki banyak pilihan.

Berkaitan dengan pembayaran pada penjelasan sebelumnya, marketplace Ukur bisa menjadi solusi terpercaya. Sebab setiap seller yang terdaftar di Ukur sudah melalui proses verifikasi. Artinya, toko bangunan tersebut menjual barang atau bahan bangunan yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Nah itulah tadi 7 tips yang harus diperhatikan sebelum memilih material pembangunan untuk menghasilkan bangunan yang berkualitas nantinya. Pemilihan material tentunya menjadi hal yang sangat penting dan tak boleh untuk dilewatkan. Pilihlah sesuai dengan kualitas yang benar di setiap materialnya. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kalian dan selamat mencoba