SELATPANJANG - Sebanyak tiga jenis obat kosong di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Meranti, Riau. Adapun ketiga jenis obat itu diantaranya, metformin yang merupakan obat diabetes, Heparin obat untuk gangguan hati dan Arixtra yang merupakan obat jantung.

Hal itu diakui oleh Kasi Penunjang Medik RSUD Kepulauan Meranti, Yenny Wijaya kepada ANTARA, baru-baru ini. Menurutnya, kebutuhan terhadap ketiga obat tersebut cukup tinggi di rumah sakit.

"Memang agak banyak permintaan di lapangan. Tapi kita mengajukan permintaan untuk ketersediaan kembali," ungkapnya.

Dia mengatakan walaupun ketiga jenis obat tersebut habis, namun masih ada alternatif merek obat lain yang fungsinya juga sama.

"Obat itu baru habis kemarin. Dan memang kami sedang membahas hal itu di grup internal," akunya.

Dilanjutkan Yenny, biasanya perencanaan permintaan obat untuk kebutuhan 1,5 tahun. Waktu itu kondisinya sedang dalam keterbatasan keuangan, sehingga kebutuhannya untuk 3-4 bulan obat saja.

"Jenis obat ini kita adakan sendiri. Obat ini kita adakan pada Bulan Februari atau Maret. Karena keterbatasan kondisi anggaran RSUD, makanya kemarin kebutuhan obat untuk 3 sampai 4 bulan saja," terangnya.

Ditambahkan stafnya yang tidak mau disebutkan namanya, bahwa kondisinya, permintaan obat sudah dilakukan sejak dua bulan lalu. Namun penyedianya belum bisa memenuhi permintaan RSUD, khususnya yang jenis metformin.

"Bahkan saat ini jenis obat metformin kita masuk daftar tunggu. Karena dari pabriknya yang kosong. Kabarnya secara nasional mengajukan permintaan Metformin," ujarnya.***