BENGKALIS, GORIAU.COM - Ribuan peserta baik kafilah maupun penggembira dari delapan kecamatan mengikuti Pawai Taaruf  MTQ Tingkat Kabupaten Bengkalis ke-39 Tahun 2014 yang dipusatkan di Desa Selatbaru, Kecamatan Bantan, Selasa (16/9/20014). Masing-masing kafilah menampilkan berbagai bentuk kreasi yang inovatif dan kreatif, sehingga terlihat lebih indah.

Pawai Taaruf dilepas Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh mengambil start di Kantor Camat Bantan menuju lapangan Sepakbola di depan Pasar Selatbaru, tempat astaka utama MTQ Kabupaten Bengkalis 2014.Pawai yang diikuti ribuan peserta tersebut tidak hanya diramaikan kafilah MTQ dari delapan kecamatan, tapi juga dari berbagai pengajian, grup kompang, rebana marching dan kelompok penggembira lainnya.

Ribuan masyarakat Kecamatan Bantan, Bengkalis dan sekitarnya juga tumpah ruah di sepanjang jalan yang dilalui pesera pawai, ingin menyaksikan kemeriahan Pawai Taaruf.

Bupati Bengkalis dalam sambutannya mengatakan, Pawai Ta'aruf merupakan wujud ataupun ekspresi suka cita dalam melaksanakan penyelenggaraan MTQ. Pawai Taaruf juga diharapkan dapat dijadikan momentum untuk mempererat Ukhuwah Islamiah antara pemerintah dan masyarakat, dan antara sesama masyarakat.

''Prosesi Pawai Ta'aruf melambangkan kebersamaan dan kekompakan mengusung dan melaksanakan kebaikan yang dapat membawa kemaslahatan umat, termasuk dalam usaha dakwah dan syiar Islam,'' ujar Bupati.

Pelaksanaan Pawai Taaruf juga tambah Bupati, bagian dari melestarikan seni budaya Islami dan meningkatkan ukhuwah Islamiyah, dalam rangka membangun Kabupaten Bengkalis yang lebih maju, bermartabat dan bermarwah.

''Semarak pawai adalah wujud kegembiraan sebagai cerminan syukur atas anugerah Allah dalam wujud terlaksananya pembangunan di Negeri Junjungan kita cintai ini, yang dari waktu ke waktu kita rasakan menuju ke arah yang lebih baik,'' sebut Bupati.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Pawai Taaruf, H. Imam Hakim, peserta terdiri dari Bengkalis 4.500 orang, Siak Kecil 500 orang, Mandau 500 orang, Rupat Utara 200 orang, Pinggir 500, Bukit Batu 500, Rupat, 200 dan bantan selaku tuan rumah mengerahkan 11.000 orang peserta.(jfk)