PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah menyalurkan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap pertama sebesar Rp 11 miliar yang diperuntukkan bagi 114 desa. Sedangkan penyaluran ADD tahap kedua, rencananya akan disalurkan bulan ini.

Diungkapkan Kabag Keuangan Setdakab Pelalawan, Hanafie S.Sos, bahwa ADD tahap pertama tersebut sudah disalurkan ke seluruh desa bulan Mei lalu.

"Sedangkan ADD tahap kedua akan dicairkan dalam waktu dekat sebesar 40 persen. Rencana pencairan dilakukan bulan September ini," katanya, Kamis (3/9/2015).

Dijelaskan Hanafie, dana tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat untuk mempercepat pembangunan yang merata disetiap desa yang ada di Indonesia melalui APBN.

"Penyaluran dana dilakukan secara bertahap. Setiap desa mendapatkan anggaran berbeda-beda, yang terkecil mendapatkan dana sebesar Rp 270 juta dan paling besar Rp 600 juta," bebernya.

Masih dijelaskan Hanafie lagi, bahwa penyaluran ADD setiap desa berbeda-beda. Untuk anggaran desa yang paling besar mendapatkan ADD adalah Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti dan paling kecil mendapat ADD yakni Desa Keriung, Kecamatan Bunut.(***)