SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Tokoh Nasional HM Amin Rais berharap, keberadaan Muhammadiyah tidak hanya sebatas wujudnya saja, namun yang terpenting bagaimana mampu berbuat dan bermanfaat untuk kepentingan umat. Kendati demikian, peran serta pemerintah daerah sangat dibutuhkan dalam memajukan dunia pendidikan, sehingga sejumlah program-program pendidikan yang sudah diamanatkan di Undang-undang dapat berjalan dengan baik.

"Saya menilai peran serta pemerintah daerah dalam upaya memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Siak ini sangat bagus, tentu hal ini tidak lepas dari kepedulian bupati dan jajarannya. Saya berharap hal ini terus ditingkatkan, sehingga keberadaan sarana pendidikan dapat dimanfaatkan masyarakat," kata Amin Rais, saat menghadiri Tabliq Akbar Muhammadiyah sekaligus lounching penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi Muhammadiyah yang dipusatkan di komplek pendidikan Muhammadiyah, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Selasa(19/5/2015).

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Siak H Syamsuar, sejumlah anggota DPRD Siak, perwakilan Forkopinda, pimpinan  Muhammaddiyah Provinsi Riau H Ramli Ibrahim dan segenap pengurus lainya, serta sesepuh masyarakat setempat.

"Pada kesempat ini, saya juga mengajak seluruh pengurus Muhammadiyah untuk terus berbuat dan bekerja untuk kepentingan orang banyak, sehingga keberadaan Muhammadiyah semakin dirasakan manfaatnya oleh semua lapisan masyarakat," ujar Amin.

Amin juga memuji kepedulian Bupati Syamsuar yang selalu berupaya memajukan dunia pendidikan di Negeri Istana. "Upaya yang dilakukan Bupati Syamsuar ini dapat kita jadikan contoh, seorang pemimpin yang pantas diteladani dan tentunya kepemimpinan bisa dilanjutkan dua periode," kata Amin.

Ketua Muhammadiyah Kabupaten Siak H Muhayar Matondang menyebutkan, kegiatan tabliq akbar merupakan awal dari menyongsong gebyar muktamar Muhammadiyah yang akan dilakasanakan dalam waktu dekat.

Dia menyebutkan, perkembangan Muhammadiyah di Kabupaten Siak terus maju dan berkembang pesat, termasuk sektor pendidikan.

"Gerakan yang dilakukan Muhammadiyah sangat direspon Pemkab Siak, sehingga semakin memacu kami untuk terus berbuat demi kepentingan umat," tutup Muhayar.(rls/nal)