PEKANBARU, GORIAU.COM - Berakhirnya izin pengelolaan ladang minyak, Blok Siak oleh PT CPI pada November 2013 mendatang, membuat lega seluruh elemen masyarakat Riau. Pasalnya, selama ini orang Riau hanya menjadi penonton pengerukan kekayaan alam di negeri sendiri. namun kini sudah saatnya orang Riau mengelola kekayaan alam sendiri.

Harapan masyarakat ini juga diamini oleh Pemprov Riau. Pemprov ternyata juga berharap pemerintah pusat memberikan kepercayaan kepada putra-putri terbaik Riau dalam sektor migas untuk mengelola Blok Siak.

Asisten II Sekdaprov Riau Emrizal Pakis ketika dihubungi melalu selulernya mengatakan, izin pengelolaan ladang minyak Blok Siak oleh PT CPI memang akan berakhir November 2013, karena itu, saat ini Pemprov Riau telah meminta pemerintah pusat mempercayakan kelanjutan pengelolaan Blok Siak pada Provinsi Riau.

''Sudah saatnyalah kita bisa mengelola Blok Siak yang merupakan milik kita. Kita sudah belajar banyak dalam sektor Migas, SDM kita juga sudah bagus dan mampu,'' katanya.

Namun sebutnya, yang menentukan itu nantinya pemerintah pusat, Pemprov Riau hanya menunggu keputusan Pusat. ''Pemprov Riau patuh pada aturan kontrak. Makanya semua itu diserahkan pada pemerintah pusat untuk menentukan, namun Provinsi Riau tetap berjuang merebut.

''Dengan kembalinya Blok Siak ke pemerintah daerah akan memberikan masukan yang berarti bagi Riau dalam meningkatkan pembangunan ke depannya. Tentu, bertambah semangat karena menghasilkan sesuatu yang bermanfaat serta dapat difokuskan untuk pembangunan Riau. Makanya, Riau akan terus memperjuangkan,'' katanya. (rdi)