PEKANBARU, GORIAU.COM - Kobaran api di pasar Cikpuan yang terbakar hebat, Senin (6/7/2015) malam, sebagian sudah berhasil dinetralisir. Kepolisian mengambil alih dengan menteralisir area pasar, guna menghindari adanya penjarahan barang dagangan. Bahkan polisi menurunkan satu unit mobil Penerangan. Untuk mengusut penyebab kebakaran, Polresta Pekanbaru tunggu tim Labfor Medan.

Dengan mobil penerangan yang dilengkapi pengeras suara, kepolisian mengintruksikan agar pihak yang tidak berkepentingan untuk dapat meninggalkan lokasi pasar yang terbakar. Tujuannya, agar mempermudah upaya sterilisasi area. Selain itu garis polisi juga dibentangkan sepanjang kawasan pasar.

Pantauan GoRiau.com, ratusan polisi berseragam ditempatkan ditiap sudut bangunan kios, mencegah adanya penyusup yang akan menjarah toko. "Maaf bapak dan ibu, bukan kami melarang masuk jika didalam memang ada kios nya, cuma ini demi kepentingan bersama. Besok pagi sudah bisa diakses kedalam," ungkap salahseorang polisi kepada pemilik kios yang hendak masuk.

Wakapolresta Pekanbaru, AKBP Sugeng Putut Wicaksono di lokasi kebakaran mengatakan, pihaknya akan segera melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran. "Untuk olah tempat kejadian perkara, belum bisa dilakukan sekarang, karena kita menunggu tim Labfor Medan. Kemungkinan besok paling cepat. Jadi sementara kita netralkan area dengan memasang garis polisi," sebut AKBP Putut, kepada GoRiau.com

Tampak pula belasan pedagang yang kiosnya terbakar, kebingungan dan tak tahu harus berbuat apa. Mereka hanya terduduk ditumpukan barang sisa dagangan yang berhasil diselamatkan. Sementara itu, akses jalan Tuanku Tambusai menuju jalan Jenderal Sudirman masih ditutup, lantaran unit Damkar masih melakukan penyiraman bekas kios yang masih mengeluarkan kepulan asap. (had)