PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Hari ini (31/3) ratusan siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah (MA) mulai mengikuti seleksi Regional Champion Scholarship (Beasiswa Unggulan Regional) Tanoto Foundation – PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) 2014/2015. Seleksi ini dilakukan secara bertahap ditiga tempat yakni Kabupaten Kuantan Singingi (kuansing), Pelalawan dan Pekanbaru.

Program Manager Beasiswa Tanoto Foundation, Dharmanadi Chandra, mengatakan dari ribuan pelamar yang mendaftar, sebanyak 530 dari 11 kabupaten/kota yang lulus seleksi administrasi berhak mengikuti tingkat seleksi berikutnya yakni Psikotest. Dharmanadi menjelaskan, pendaftaran beasiswa telah dibuka sejak Februari lalu.

''Psikotest ini akan dilaksanakan di tiga tempat, tahap pertama hari ini (31/3) akan dilaksanakan di aula Kantor Camat Benai Kuansing. Tahap kedua, 7 sampai 8 April akan dilaksanakan di SD Taruna Andalan Pangkalan Kerinci, Pelalawan yang akan diikuti siswa dari wilayah Pelalawan, Siak, Kepulauan Meranti dan sebagian Inhu.Terkahir pada tanggal 9 April nanti bertempat di Pekanbaru yang akan diikuti siswa dari Bengkalis, Dumai, Pekanbaru, Kampar dan Rohul,'' tuturnya.

Dharmanadi juga menerangkan, seluruh siswa yang lulus mengikuti tahap seleksi test psikotest ini nantinya akan dilanjutkan ke tahap seleksi wawancara. ''Regional Champion Scholarship ini adalah beasiswa Strata-1 (S-1) yang diberikan kepada siswa lulusan SMA di wilayah Sumatera Utara, Riau dan Jambi. Di Riau, Tanoto Foundation Bekerjasama dengan perguruan tinggi mitra, yakni Universitas Riau (UR), Universitas Islam Negeri (UIN) Pekanbaru, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Universitas Lancang Kuning (UNILAK) dan Universitas Islam Riau (UIR),'' jelasnya.

Dari 530 peserta yang mengikuti psikotest ini, 197 peserta berasal dari Kabupaten Pelalawan, Kuansing 80 siswa, Pekanbaru 74 siswa, Siak 69 siswa, Kampar 43 siswa, Inhu 29 siswa, Dumai 10 siswa, Rohil 10 siswa, Kepulauan Meranti 8 siswa, Rohul 6 siswa dan Bengkalis 4 siswa. ''Mereka yang akan mengikuti tes psikotest ini telah lulus administartif dimana salah satunya nilainya selalu menjadi peringkat 10 besar sejak kelas 1 SMA sampai kelas 3 SMA,'' tukasnya.

Tanoto Foundation telah diresmikan sejak tahun 2001 oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto. Tanoto Foundation memiliki berbagai program beasiswa dari tingkat nasional dan regional serta program beasiswa untuk guru-guru di daerah terpencil agar mereka dapat meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi. Tanoto Foundation juga bekerja sama dengan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dalam memberikan beasiswa untuk Akademi Teknologi Pulp dan Kertas (ATPK) sejak tahu 2008. (rls)