BENGKALIS, GORIAU.COM-Dalam rangkaian kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) keberadaan Malam Taaruf merupakan sarana perkenalan peserta MTQ yang syarat dengan makna kebersamaan.

Momentum ini selain sebagai bentuk penghormatan kepada para kafilah, juga sebagai ajang untuk mempererat ukhuwah Islamiyah. Demikian disampaikan Wakil Bupati Bengkalis, H Suayatno saat memberikan sambutan dalam acara malam Taaruf peserta MTQ ke-40 tingkat Kabupaten Bengkalis, Jumat (29/5/2015) malam di Balai Kerapatan Wisma Daerah Sri Mahkota, Bengkalis.

Malam taaruf ini juga sambung Suayatno, menjadi simbol persatuan dan kebersamaan, hidup damai yang terajut erat, rukun dan harmonis dalam bingkai toleransi.

"Semoga momentum yang berharga ini membawa kedamaian bagi kita semua, serta mendorong terjadinya pembaharuan sikap mental, moralitas dan perilaku masyarakat untuk secara sadar tetap berpegang teguh pada tuntunan dan nilai-nilai ajaran agama,'' imbuh Wabup.

Terkait pelaksanaan perlombaan MTQ, orang nomor dua di wilayah berjuluk Negeri Junjungan ini mengatakan sejak jauh hari para anggota kafilah dari delapan kecamatan telah mempersiapkan diri dan berlatih secara maksimal untuk meraih prestasi.

"Namun perlu diingat, keinginan untuk menjadi juara, jangan sampai mengaburkan niat dan tujuan utama dalam pemahaman, penghayatan dan kecintaan umat islam terhadap Al Quran,'' ingat Suayatno.

Sebelum mengakhir sambutannya, Suayatno berpesan bagi peserta untuk menjaga stamina dan kesehatan, dan hati-hati dalam mengkonsumsi makanan selama event berlangsung. Karena, keadaan fisik yang sehat akan mudah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan MTQ.

Malam Taaruf sekaligus pelantikan dewan hakim ini juga diisi dengan tausiyah agama oleh Dr Jhon Fahmil dari Pekanbaru.

Selain Wabup Suayatno, tampak hadir pimpinan Forkopimda, Ketua MUI Kabupaten Bengkalis HA Rahman D, Ketua LAMR Bengkalis HT Zainuddin Yusuf, Kakan Kemenag Bengkalis H Jumari, Ketua Panitia MTQ H Heri Indra Putra, Ketua LPTQ Kabupaten Bengkalis H Arianto.

Kemudian, hadir juga sejumlah pejabat eselon II dan III dilingkungan Pemkab Bengkalis, Camat Bengkalis, Djamaluddin, Camat Bantan, Hendrik Dwi Hatmoko, para kafilah MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis dan sejumlah tokoh masyarakat, pemuka agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan serta tamu undangan lainnya. (ail)