PANGKALAN KERINCI - Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pelalawan, H Syafrizal SE mengatakan bahwa proses penjaringan yang akan diusung untuk Pilkada 2024 berlangsung mulai 25 April dan ditutup pada 25 Mei mendatang.

PDI Perjuangan memprioritaskan kader sendiri sebagai yang akan bertarung di Pilkada 2024 mendatang. Apalagi PDI Perjuangan sebagai partai peraih kursi terbanyak di pemilihan legistalif Kabupaten Pelalawan.

"Sebelumnya kita sudah umumkan penjaringan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, tapi berjalannya proses diputuskan untuk fokus pada penjaringan wakil kepala daerah," ungkap Syafrizal, kepada GoRiau.com, Rabu (24/4/2024) malam.

Lanjutnya, ini dikhususkan bagi daerah pemenang pemilu. PDI Perjuangan termasuk salah satu partai pemenang pemilu legislatif dengan perolehan kursi terbanyak di DPRD Kabupaten Pelalawan.

"Kabupaten Pelalawan kemenangannya 33 persen dan kita sudah punya kader sebagai calon kepala daerah. Sehingga kita hanya membuka penjaringan untuk pendampingnya, atau calon wakil kepala daerahnya," jelasnya.

Kembali ia mempersilakan siapa pun tokoh masyarakat, pengusaha, pejabat birokrat, kader partai untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon wakil bupati atau cawabup lewat PDI Perjuangan. Pendaftaran terbuka untuk umum.

Syafrizal tidak menampik ada sejumlah nama yang muncul yang akan ikut serta dalam Pilkada 2024 melalui penjaringan PDI Perjuangan.

"Silakan bagi yang ingin meramaikan bursa Pilkada untuk mendaftar, tentunya sebagai bakal calon wakil kepala daerah. Nanti penyaringan akan dilakukan DPP melalui DPD,” katanya.

Sejauh ini kata Syafrizal, PDI Perjuangan membuka diri bagi semua pihak, termasuk partai politik (Parpol) lain. Komunikasi dengan partai lain berjalan baik.

"Komunikasi kita dengan partai-partai sangat baik sekali. Setelah mendapat hasil pemilu, kita langsung melakukan komunikasi dengan partai-partai lain. Salah satunya PKS, dan kita juga ikut penjaringan PKS kemarin. Itu membuktikan kita ingin bersama-sama membangun kabupaten ini," pungkasnya. ***