PEKANBARU, GORIAU.COM - Setelah menjalani tahap demi tahap, akhirnya 4 komisi dan 4 badan di DPRD Kota Pekanbaru telah terbentuk dan akan diparipurnakan, Kamis (13/11/2014). Penetapan paripurna 4 komisi tersebut dibahas dalam Paripurna Penyampaian Usulan Nama-nama Alat Kelengkapan Dewan.

Alat kelengkapan yang diparipurnakan tersebut yakni, Komisi, Badan Legislasi (Baleg), Badan Kehormatan (BK), Badan Musyawarah (Banmus) dan Badan Anggaran (Banggar).

Paripurna yang akan dipimpin Ketua DPRD Pekanbaru Sahril SH, serta tiga wakilnya Sigit Yuwono, Sondia Warman dan Rustam Efendi, serta 38 anggota dewan dari 45 anggota DPRD Pekanbaru telah dihadiri Wakil Walikota Ayat Cahyadi SSi. Namun karena masih ada perdebatan, maka paripurna sempat beberapa kali tertunda.

Dalam penetapan alat kelengkapan ini, memang sempat terjadi perdebatan. Khususnya Ketua Komisi I yang sebelumnya ditunjuk Hotman Sitompul. Para anggota Komisi I menolak Hotman jadi ketua. Namun setelah dilakukan lobi-lobi di tingkat fraksi, maka anggota komisi I menerima Hotman jadi ketua.

Paripurna tersebut akan menetapkan 4 komisi yang ada, hasil rapat fraksi-fraksi sudah menetapkan ketuanya. Ketua Komisi I dari PDI-P Hotman Sitompul, ketua Komisi II Partai Demokrat T Azwendy Fajri, Ketua Komisi III PAN Ir Nofrizal MM dan Ketua Komisi IV Partai Golkar Roni Amriel.

Sementara untuk Ketua BK dipilih Herwan Nasri (Golkar), Ketua Baleg dipilih Dian Sukheri SIp (PKS) serta untuk Ketua Banggar dan Banmus dipimpin langsung unsur pimpinan DPRD Pekanbaru.

"Tahap demi tahap tentunya berjalan, untuk itu setelah pembentukan ini, maka para anggota dewan sudah bekerja sesuai dengan mitra kerjanya di Satker Pemko Pekanbaru," kata Sekwan DPRD Pekanbaru Ahmad Yani.

Dengan sudah dibentuknya AKD ini, para anggota DPRD Pekanbaru sudah bisa menjalankan fungsinya sebagai pengawasan kinerja pemerintah dan pihak swasta lainnya.

"Kami sudah bisa bekerja maksimal, menampung seluruh aspirasi masyarakat. Terutama menyangkut pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat," kata anggota DPRD lainnya Jhon Romi Sinaga SE.

Hal yang sama juga disebutkan anggota DPRD Pekanbaru lainnya, Darnil SH yang duduk di Komisi II. Dia menyebutkan, pihaknya akan serius menanggapi dan merespon keluhan masyarakat. "Kami langsung bekerja," katanya.

Komisi I

Ketua: Ir Hotman Sitompul (Fraksi PDI Perjuangan)

Wakil: Kudus Kurniawan SSi (Fraksi Hanura)

Sekretaris: Drs Maspendri (Fraksi PAN)

Komisi II

Ketua: Tengku Azwendi Fajri SE (Fraksi Demokrat)

Wakil: Zulfan Hafiz ST (Fraksi PPP PKS NasDem)

Sekretaris: Dapot Sinaga (Frakdi PDI P)

Komisi III

Ketua: Ir Nofrizal MM (Fraksi PAN)

Wakil: Zulkarnain SE (Fraksi PPP PKS NasDem)

Sekretaris: Aidil Amri (Fraksi Demokrat)

Komisi IV

Ketua: Roni Amriel SH (Fraksi Golkar)

Wakil: H Wan Agusti (Fraksi Gerindra)

Sekretaris: Ali Suseno (Fraksi Hanura)

Badan Penyusunan Peraturan Daerah

Ketua: Dian Sukheri SIP (Fraksi PPP PKS NasDem)

Wakil: Zainal Arifin SE (Fraksi Gerindra)

Badan Kehormatan

Ketua: H Herwan Nasri ST (Fraksi Golkar)

Wakil: H Supriyanto (Fraksi PKB).