TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Melihat letak georafis serta banyaknya perusahaan di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang dapat membuat lingkungan menjadi tercemar, keberadaan laboratorium lingkungan sangat dibutuhkan di Negeri Seribu Parit ini. Namun hingga saat ini, keberadaan laboratoruim lingkungan masih belum terlihat tanda-tandanya akan dibangun di Inhil, meskipun demikian, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Inhil terus berupaya mewujudkannya.

Kepala BLH Kabupaten Inhil Encik Kamal Syahindra melalui Kepala Bidang (Kabid) Kerusakan Lingkungan, Ardi Yusuf kepada GoRiau.com, Selasa (22/7/2014) mengatakan yang menjadi kendala untuk membangun tempat tersebut di Inhil ini adalah masalah pendanaan.

''Sejak dua tahun lalu kita sudah merencanakan adanya laboraturium lingkungan, beberapa persiapa juga sudah mulai kita kerjakan seperti Detail Enginering Design (DED). Namun karena perencanaan dana ini belum bisa diwujudkan,'' Sebut Ardi.

Dikatakannya pula, laboraturium lingkungan sangat banyak manfaatnya seperti untuk melakukan uji coba kualitas air, udara dan tanah sehingga jika Inhil memiliki Laboraturium Lingkungan tersebut BLH dapat mengontrol kualitas air, udara dan tanah agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan lingkungan dan manusia.

''Karena kegunaannya yang sangat penting itulah maka sampai saat ini kita terus berkomitmen untuk mewujudkan adanya Laboraturium Lingkungan tersebut ada di Inhil,'' tegasnya.(ayu)