PEKANBARU, GORIAU.COM - Kepolisian Sektor (Polsek) Limapuluh, Pekanbaru Riau, membekuk seorang pelaku jambret, Senin (31/8/2015) dinihari tadi, pukul 03.00 WIB. Pelaku terpaksa ditembak petugas di kakinya, lantaran berusaha melarikan diri.


Deden Saputra alias Deden (24) hanya bisa meringis menahan sakit, usai ditembak polisi. Ia ditangkap subuh tadi, saat berada di Jalan Lokomotif, Kelurahan Sekip, Kecamatan Limapuluh. Keberadaan Deden terendus polisi, setelah dilakukan pengembangan dengan melacak plat kendaraan pelaku serta nomor ponsel milik korban yang dijambretnya.


"Dia sudah beraksi sebanyak enam kali di wilayah Limapuluh dan Tenayan Raya, sejak November 2014 dan terakhir Minggu (30/8/2015), di Jalan Sisingamangaraja. Sebagian ada di Jalan Lokomotif, Simpang BPG Tenayan Raya, Jalan Satria dan Jalan Thamrin dekat taman kota," sebut Kapolsek Limapuluh, Kompol Dalizon.


Pelaku ini, sambung Dalizon, biasa bermain tunggal, dengan sasaran wanita. Malahan aksi terakhirnya hari Minggu semalam, Deden sempat membuat korbannya mengalami luka-luka akibat jatuh dari sepeda motor dan terseret di aspal. "Kita sudah proses yang bersangkutan di Mapolsek," tukasnya.


Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Limapuluh, AKP Ari Prasetyo menguraikan, dari tangan pelaku, pihaknya juga berhasil mengamankan barang bukti berupa sebuah tas warna merah, satu buah dompet, KTP, STNK, tiga kartu ATM, handphone serta uang tunai Rp7 ribu.


"Barang-barang itu sebagian adalah hasil jambret yang dilakukan pelaku. Dalam beraksi, pelaku biasanya main sendiri. Sehari-hari, dia ini berprofesi sebagai buruh bangunan yang beralamat di Jalan Cik Ditiro, Desa Kumantan, Bangkinang, Kabupaten Kampar," tukas Kanit, Senin siang. (Had)