SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Menjelang pelaksanaan Kemah Budaya Nasional tahun 2015 di Bumi Perkemahan Pramuka Tengku Buang Asmara, Kampung Merempan Hilir, Kecamatan Mempura , Kabupaten Siak, Wakil Ketua Kwaran Nasional Gerakan Pramuka Bidang Bina Muda, Suryadi berkunjung ke Siak, Senin (23/3/15). Kedatangannya disambut Wakil Bupati Siak H Alfedri beserta sejumlah pejabat.

 Meskipun tanpa acara khusus, kedatangan Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Muda Indonesia ini berlangsung penuh keakraban. Ditambah lagi kemampuan Suryadi dalam berdialek Melayu menambah kehangatan bersama jajaran pengurus Kepramukaan Kabupaten Siak.

 Dalam obrolan panjang, Suryadi mengungkapkan rasa salut dan memuji terhadap kesiapan Bumi Perkemahan yang ada di Kabupaten Siak. 

 "Pramuka di Kabupaten Siak ini memang Ok! Dan saya sangat kagum untuk melihatnya. Oleh sebab itu, tidak salah kalau Pemerintah Pusat menunjuk Kabupaten Siak sebagai tuan rumah pelaksanaan Kemah Budaya Nasional tahun 2015 ini," ujarnya mengumbar puji.

 Beberapa daerah di Indonesia meminta untuk jadi tuan rumah, namun ternyata Siak yang dipilih karena memiliki fasilitas yang memadai. 

 Wakil Bupati Siak menanggapi, Bumi Perkemahan yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Siak ini menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Siak dan bantuan dari Perusahaan melalui program CSR nya. 

 "Nantinya pada saat Kemah Budaya Nasional, area akan dihiasi dengan lampu colok khas negeri Istana," ujarnya.

 Dalam kesempatan itu, Suryadi juga berpesan agar panita tidak membeda-bedakan peserta dari dalam dan luar negeri. Beberapa negara tetangga yang akan diundang, seperti Singapura, Malaysia dan Brunei Darusalam.

 "Tamu jangan diletakkan ditempat terpisah (kemah). Tapi tempatkan mereka di tengah-tengah bersama-sama dengan kita. Ini penting biar tidak ada perbedaan, sehingga mereka bisa berbaur dengan kita, sehingga Satu Pramuka Satu Indonesia dapat kita wujudkan," pesannya.(rls)