PEKANBARU - Sesosok bunga mirip Bunga Bangkai dengan nama latin Amorphophallus, tumbuh mekar di pekarangan rumah warga bernama Agus, di Jalan Flamboyan, RT 03/ RW 12, Kelurahan Umbansari, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Provinsi Riau.

Belum diketahui apakah ini benar Bunga Bangkai yang cukup langka itu. Namun sekilas wujudnya sangat persis, mulai dari kelopak hingga jambul yang jadi ciri khas.

Jika dilihat seksama, bunga tersebut memang mirip Bunga Bangkai spesies Amorphophallus paeonifolius.

Menurut ketua RT setempat, Wendri Oskar, ini sudah kali kedua bunga langka itu tumbuh di lokasi yang sama. Kali ini Bunga Bangkai tersebut sudah tumbuh selama 12 hari.

"Sudah dua kali tuh. Kalau yang dulu sudah mati," kata dia, Selasa (19/4/2016).

Wendri yang rumahnya berseberangan dengan rumah Agus ini mengatakan, sebagian warga sekitar tidak begitu mengetahui kalau itu adalah jenis bunga langka. Ditambah lagi umur hidup bunga tersebut cukup pendek.

"Kayaknya nggak ada yang tahu (masyarakat) kalau itu Bunga Bangkai. Makanya tidak gitu perhatian. Yang tumbuh pertama (dulu, red) saja sudah tak ada, sekarang tumbuh kedua kali di tempat tersebut," ungkap dia.

Terlihat Bunga Bangkai ini tumbuh cukup normal di halaman rumah Agus, dikelilingi rumput pendek. Bunga tersebut juga dilindungi dengan ban motor bekas agar tidak terinjak.

Tidak diketahui kenapa bunga langka itu bisa tumbuh di sana, karena kebetulan pemilik rumah (Agus) sedang tidak berada di tempat.***