PEKANBARU, GORIAU.COM - Wacana pembangunan embarkasi haji di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II sepertinya tidak bisa terlaksana dalam waktu dekat. Runway (landasan pacu, red) yang tengah dibangun saat ini tidak memenuhi standar.

Dimana saat ini pembangunan Runway yang sudah dilaksanakan sepanjang 2,245 kilometer. Kemudian akan diperpanjang hingga 2,6 kilometer yang kemungkinan akan rampung pada 2015 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau, Adizar kepada GoRiau.com, menjelaskan, untuk embarkasi haji, minimal harus memiliki runway sepanjang 3 kilometer.

"Kita baru membangun 2,6 kilometer dan akan rampung pada 2015 mendatang. Untuk embarkasi haji, minimal harus 3 kilometer," terang Adizar.

Sementara berdasarkan koordinasi dengan pihak Angkasa Pura II, jika tetap dilaksanakan untuk embarkasi haji, runway sepanjang 3 kilometer baru bisa rampung pada 2025 mendatang.

"Kita sudah rapat dengan pihak terkait, termasuk Angkasa Pura II, untuk memenuhi panjang 3 kilometer itu akan memakan waktu hingga 2025 untuk menyelesaikannya," sambung Adizar.

Sementara selama ini, keberangkatan haji Riau masih menggunakan embarkasi Batam, Kepulauan Riau.***