TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Bila biasanya menjelang lebaran harga daging ayam potong yang terlebih dahulu mengalami kenaikan, namun tahun ini H-2 lebaran harga daging ayam masih stabil. Sedangkan harga ikan asin malah mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Seperti hasil pantauan Dinas Perdagangan dan Industri (Disperindag) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Jum'at (25/7/2014) dibeberapa pasar di Tembilahan, harga ikan asin gulama puding yang semula Rp 25 ribu kini menjadi Rp 28 ribu per Kilo Gram (Kg) dan harga ikan asin bulu ayam juga naik dari Rp 50 ribu menjadi Rp 55 ribu per-Kg.Sedangkan harga daging ayam potong masih Rp 30 ribu per-Kg.

Selain harga ikan asin, beberapa harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan seperti tomat yang semula Rp 12 ribu menjadi 14 ribu, bawang merah dari Rp 23 ribu menjadi Rp 24 ribu, cabe merah asal Sumbar dari Rp 24 ribu menjadi Rp 26 ribu per-Kg.

Dari pantau GoRiau.com di Pasar Yos Sudarso Tembilahan, beberapa harga kebutuhan pokok tersebut memang mengalami kenaikan, bila berdasarkan pantauan Disperindag Inhil harga bawang merah masih stabil diharga Rp 16 ribu namun disalah sati pengencer harga tersebut sudah mencapai Rp 18 ribu per-Kg.

''Karena dari agen harganya naik, jadi kita naikan juga. Biasa menjelang lebaran memang seperti in, nanti juga setelah lebaran normal lagi harganya,'' kata Fitri salah seorang pedagang bawang di Pasar Yos Sudarso Tembilahan.

Disperindag sendiri memastikan, untuk ketersedian bahan pokok di Inhil sebelum hingga sesudah lebaran akan cukup dan pendistribusiannyapun masih lancar.(ayu)