PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pelalawan, Abdul Hamid mengakui partisipasi warga Pelalawan untuk memilih dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Riau pada Rabu (4/9/2013) masih rendah. Hal itu terbukti dari penghitungan suara yang ada di Tempat pemungutan suara (TPS).

Ia mengatakan, warga yang datang ke TPS sangat minim sejak dibuka pada pukul 07.00 WIB hingga ditutup pada pukul 13.00 WIB.

Kondisi minimnya pemilih itu hampir terjadi di seluruh TPS di Pangkalan Kerinci. Dimana dalam daftar pemilih terdapat 400 hingga 500 pemilih, sesuai data dari KPU. Namun, warga yang menggunakan hak pilih tidak sampai setengah dari jumlah itu. Padahal, hari pencoblosan di Pilgub diliburkan bagi semua karyawan swasta maupun pegawai negeri sipil (PNS).

"Saya melihat antusias warga saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) jauh lebih tinggi, dibanding Pilgub Riau ini. Tapi itu masih pantau sementara. Kami lihat hasilnya nanti," tukas Hamid kepada wartawanSesuai dari databes Pilkada yang berpusat di kantor Badan Kesbangpolinmas, Jumat (6/9/2013).

Ia mengatakan, total seluruh masyarakat yang menggunakan hak pilihnya sekitar 119.945 saja. Sedang data pemilih yang terdaftar pada DPT berjumlah 228.332. Artinya, hanya 52,53 persen pemilih yang mencoblos. Padahal, KPU menilai sosialisasi dan himbauan untuk menggunakan hak pilihnya sudah dilakukan jauh-jauh hari.

"Saat ini, KPU masih menunggu pengiriman hasil surat suara dan rekpitulasi dari Petugas Pemilih Kecamatan (PPK) di 11 kecamatan. Sedangkan pihak kecamatan masih mengumpulkan hasil dari petugas PPS dari seluruh TPS," demikian Hamid.(ilm)