PASIRPENGARAIAN, GORIAU.COM - Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Rokan Hulu khususnya Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris dan SMK Ismail Petra Negeri Kelantan Malaysia sepakat menjalin kerjasama bidang pendidikan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Kerjasama tersebut diawali dengan penyelenggaraan International English Drama Perfomance, Rabu (29/10/2014) yang disaksikan lansung Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadisddikpora) Kabupaten Rohul Muhammad Zen, Ketua Prodi Bahasa Inggris UPP Pipit Rahayu MPd dan para dosen di Kampus UPP

Sedangkan perwakilan dari SMK Ismail Petra yang hadir terdiri dari 15 siswa dan 5 guru Faridah BT Mohammad (Kepala Sekolah), Mohammad Amin bin Ramli, Mohamad Faris bin Ibrahim, Rozita binti A Hamid, Muzlifatini binti Baba.

Saat itu, Kadisdikpora Rohul Muhammad Zen, menyambut baik kerjasama yang dilakukan Prodi Bahasa Inggris UPP dengan SMK Ismail Petra Kelantan Malaysia.

Diharapkannya ada kerjasama yang dilakukan ini saling menguntungkan kedua belah pihak dengan memberikan pembelajaran untuk kedua institusi baik UPP ataupun SMK Ismail Petra Sendiri.

Zen mengundang SMK Ismail Petra untuk dapat berpartisipasi nanti dalam pesta rakyat Rokan Hulu akan dilaksanakan selama 10 hari pada oktober 2015 mendatang.

Dalam kegiatan International English Drama Perfomance tersebut, Perwakilan dari SMK Ismail Petra hadir menyambut positif dan sangat antusias terhadap acara ini dan berharap dapat berlanjut di kemudian hari.

Bahkan beberapa sekolah menengah atas dilingkungan Universitas Pasir Pengaraian ikut tampil dalam drama tersebut seperti SMAN 2 Rambah Hilir, MAN 1 Pasirpengaraian dan SMA Muhammadiah.

Penampilan drama tersebut mentransformasikan nilai-nilai budaya yang mulai tergerus zaman. Sementara dari SMK Ismail Petra menampilkan drama yang berisi nilai moral dimana pola asuh orangtua sejak dini akan memberikan dampak bagi perkembangan generasi berikutnya.

Terakhir, Ketua Prodi Bahasa Inggris UPP Pipit Rahayu berharap kerja sama dengan SMK Ismail Petra Malaysia ini dapat terjalin hingga nanti beberapa mahasiswa FKIP Bahasa Inggris dapat diutus ke Malaysia untuk melakukan Praktek Mengajar (PPL) Sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi Mahasiswa. (ram)