PEKANBARU – Pengamat politik Universitas Islam Riau (UIR), ASSOC.Prof Syafriadi, SH menilai, adalah sebuah kemungkinan bila Penjabat Gubernur Riau, SF Hariyanto bakal maju dalam ajang Pemilihan Gubernur Riau Tahun 2024.

Menurutnya, dirinya tak akan kaget bila hal itu terjadi. Meski hingga sejauh ini belum tampak tanda-tanda SF Hariyanto akan segera memproklamirkan dirinya.

Banyak hal yang bakal menjadi modal kuat untuknya maju dalam ajang Pilgubri 2024. Apalagi sosok SF Hariyanto sudah begitu dikenal masyarakat di Bumi Lancang Kuning.

"Dengan jabatan yang disandang SF Hariyanto saat ini, soalnya sudah begitu dikenal masyarakat," ujarnya, Selasa (7/6/2024).

Selain itu, Syafriadi jiga melihat sosok Pj Gubri juga tampak dekat dengan mantan Gubri, Rusli Zainal.

Ada beberapa indikasi yang mengarah kepada kemungkinan adanya kedekatan itu. Di antaranya dengan diangkatnya Rusli Zainal menjadi Ketua Kontingen PON Riau. Selain itu, Riski Zainal juga diangkat menjadi penasehat di bidang pembangunan infrastruktur daerah.

Menurut Syafriadi, dari sisi politik, kedekatan i i sangat besar pengaruhnya bagi SF Hariyanto

"Kita paham bahwa Rusli Zainal memiliki jaringan yang luas. Baik di internal partai-partai maupun di masyarakat. Itu juga tak lepas dari kebiasaan beliau dalam menjaga silaturahmi dengan berbagai pihak, " ujarnya lagi.

Belum Terdengar

Hingga saat ini, memang belum terdengar kata pasti dari SF Harianto akan ikut dalam ajang Pilgubri 2024. Ini jauh berbeda dengan sejumlah tokoh masyarakat Riau lain, yang sudah menyatakan maju untuk menjadi orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning.

"Tapi dengam keberadaan Pak Rusli Zainal di samping Pak SF Hariyanto, bisa membuat banyak pihak jadi yakin jika beliau menyatakan ikut maju, " tutur Syafriadi

Bila itu benar, Syafriadi menilai bayak pihak yang akan menyambut dengan positif. "Kita bisa lihat bersama-sama bagaimana perkembangannya ke depan. Mudah-mudahan ini benar, "pungkas Syafriadi. ***