PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pelalawan umumkan, jika pelaksanaan Test Kompetensi Bidang (TKB) bagi pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dibatalkan. Pembatalan TKB diterima BKD dari website Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan) dan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Hal ini disampaikan oleh Kepala BKD Pelalawan, Andi Yuliandri, Senin (22/12/2014). Dikatakan Andi, tidak ada lagi test lanjutan bagi para peserta ujian CPNS 2014.

Diungkapkannya, keputusan tersebut menyusul setelah Kota Pekanbaru yang terlebih dulu menyampaikan pembatalan ujian TKB, dalam tahapan penerimaan CPNS 2014.

"Suratnya secara resmi dari Kemenpan kita memang belum menerima. Namun, pihak Panselnas meminta kita untuk mendownload surat yang ada di websitenya," ujarnya.

Sambungnya, isi dalam suratnya Panselnas disebutkan bagi daerah yang pengumuman hasil ujian TKD telah lewat tanggal 20 Desember, tidak diperbolehkan untuk menggelar TKB. Hal ini mengingat waktu pelaksanaan kurang dari dua pekan sampai akhir Desember ini.

Dijelaskan Andi, tahapan seleksi CPNS 2014 harus dituntaskan dalam tahun ini juga dan tidak boleh melewati tahun anggaran. Atas pertimbangan masa penggunaan anggaran yang tersisa beberapa hari lagi, akhirnya TKB dibatalkan.

"Untuk penentuan kelulusan CPNS dilakukan berdasarkan peserta yang lolos Test Kompetensi Dasar (TKD). Seluruh pelamar yang melewati pasing grade dengan skor 271, tidak serta merta lulus," jelasnya.

Masih dijelaskan Andi, Panselnas akan kembali menyeleksi berdasarkan rangking pada masing-masing formasi dan kuota yang ada. Tentunya, peserta yang lulus dengan raihan skor tertinggi pada setiap formasi yang diujikan.

"Pengumumannya tetap akan dilakukan oleh Panselnas karena ini wewenang mereka. Pastinya saat mengumumkan TKD nanti merupakan pengumuman pemenang atau yang lulus," tandasnya.(***)