PEKANBARU, GORIAU.COM - Dalam pemungutan suara Pemilihan Umum Gubernur Riau besok (4/9/2013), tim pemenangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur pasangan Herman-Agus menggunakan strategi real count.

Alasannya, menurut Direktur Media Online dan Jejaring Sosial Herman Center, Masnur Marzuki, penghitungan menggunakan real count akan memperoleh hasil yang akuntabel dan demokratis.

"Beda halnya dengan Quick Count yang hanya mengambil beberapa sampel saja," ungkap Masnur. Selain itu, Masnur mengatakan data yang diperoleh akan menjadi perbandingan dengan hasil yang akan diumumkan KPU Riau.

Penghitungan melalui real count akan dilaksanakan selang beberapa jam pemungutan suara selesai. Teknisnya, seluruh saksi yang berada di TPS akan mengirimkan data hasil pencoblosan. "Tidak hanya data Herman-Agus saja, namun seluruh pasangan," terangnya.

"Dengan demikian, kami akan lebih awal mengetahui siapa pemenangnya, dan akan mengawal secara langsung penghitungan suara di 12 kabupaten kota se-Riau," tutup Masnur.(san)