TEMBILAHAN – Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Pemkab Inhil) berencana akan melanjutkan kembali proyek pembangunan infrastruktur jalan Terusan Mas yang berada di Kota Tembilahan menuju Kecamatan Kuindra tahun 2024 ini.

Hal itu diketahui ketika Pj Bupati Herman meninjau langsung beberapa proyek infrastruktur di sejumlah kecamatan di sela safari Ramadhan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir.

Kepada GoRiau.com, Pj Bupati Herman mengatakan proyek infrastruktur jalan Terusan Mas tersebut akan segera dilanjutkan kembali tahun 2024 ini.

"Untuk jalan ke arah Terusan Mas, Insyaallah tahun ini, usai pertemuan kami dengan kepala balai, akan dilaksanakan pekerjaan sampai Terusan Mas dengan anggaran sekitar Rp 50 miliar," terang Herman Senin (18/03/2024).

GoRiau

Bahkan Herman menyebut proyek infrastruktur jalan dengan menggunakan anggaran APBN tersebut direncanakan akan langsung terhubung ke makam ulama terkenal Syekh Abdurrahman Siddik atau mayoritas masyarakat Inhil mengenal dengan makam Tuan Guru Sapat.

"Tinggal selangkah lagi dari seberang Terusan Mas menuju makam, insyaallah tahun depan termasuk penyediaan kapal roro dari Terusan Mas menuju Kampung Hidayat," lanjut Herman.

Selain itu Herman menjelaskan Pemkab juga akan melaksanakan pembangunan infrastruktur jalan menggunakan aspal rigit dari Sapat menuju Hidayat.

"Insyaallah bulan ini juga Pemkab Inhil akan bangun jalan dari sapat menggunakan aspal rigit menuju hidayat sebesar Rp 5 miliar," pungkas Herman.

Sebelumnya diketahui Herman telah memerintahkan OPD terkait untuk segera mempercepat proses lelang tender proyek agar misi pembangunan Inhil dapat lebih terukur.

GoRiau

Herman pun telah memerintahkan agar setiap OPD di bawah kepemimpinannya dapat berinovasi untuk mencari peluang dalam menjemput anggaran keuangan yang bersumber dari dana APBN ditengah defisitnya anggaran APBD Inhil.

Langkah Herman untuk membangun inhil terutama dalam memperjuangkan proyek pembangunan infrastruktur di kabupaten inhil, salah satunya pembangunan jalan menuju makam ulama besar tuan guru sapat merupakan sebuah terobosan tepat sejak ia dilantik menjabat sebagai Pj. Bupati Inhil.

Herman berharap ke depan ketika proyek infrastruktur ini selesai, masyarakat inhil serta warga kota lain dapat dengan mudah berkunjung ke makam ulama masyhur tersebut dengan menggunakan akses jalur darat dari kota tembilahan menuju kecamatan kuindra tersebut. ***