DURI, GORIAU.COM - Dua minggu yang lalu harga Tandan Buah Sawit (TBS) di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, yaitu berkisar diharga Rp550 per kilogram. Namun saat ini harga buah sawit merosot tajam, hingga membuat sejumlah petani menangis.

"Kemarin harganya Rp550 per kilogram, saat ini sudah Rp400 per kilogram," ungkap Maria salah seorang pemilik kebun sawit di Tegar, Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau.

Harga Rp400 jika dijual ke toke sawit, lanjutnya. Dirinya juga mengatakan saat ini hidup lebih besar pasak dari pada tiang.

"Untuk makan sehari-hari saja sudah susah. Ditambah lagi kredit mobil pick up yang harus dibayar setiap bulannya, mampus awak tak terbayar kredit mobil ini," ujarnya.

Dari informasi yang dirangkum GoRiau.com dari UPT Disperindag Mandau, harga sawit sangat beragam. Dimana hari dari petani ke toke sawit saat ini Rp400. Namun harga di ram dan di pabrik, belum diketahui. Kondisi seperti ini sudah mencekik leher petani sawit yang ada di Kecamatan Mandau. UPT Disperindag Mandau masih mengumpulkan data harga di ram dan di pabrik sawit. (ric)