PEKANBARU, GORIAU.COM - Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau sebanyak lebih dari 15.000 hektare lahan semak dan hutan di daerah itu telah hangus terbakar sepanjang 2013.

Jumlah tersebut bahkan bisa terus bertambah karena peristiwa kebakaran lahan atau hutan di Riau terus saja terjadi.

Kepala BPBD Riau Said Saqlul Amri di Pekanbaru, Senin (23/9/2013) menjelaskan, peristiwa kebakaran lahan hebat terjadi pada awal 2013 dan berlanjut hingga Juli.

Sebagian besar peristiwa itu menurut dia merupakan kesengajaan dari pihak perusahaan kehutanan dan perkebunan kelapa sawit. Namun untuk membuktikannya, demikian Said, membutuhkan data-data yang faktual atau tidak sembarangan.

"Bahkan data Dinas Kehutanan Riau sebelumnya memvonis kalau kebakaran dominan terjadi di kawasan milik perusahaan perkebunan dan kehutanan," katanya.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Riau Zulkufki Yusuf menyatakan luas area kebakaran mencapai belasan ribu itu hanya pada Juni 2013 saja.

Data tersebut menurut dia merupakan gabungan dari informasi yang dihimpun Dinas Kehutanan, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Enam daerah terluas kebakaran menurut Zulkifli ada di Kabupaten Bengkalis mencapai 6.300 hektare, Rokan Hilir (6.195 ha), Rokan Hulu (900 ha), Siak (892 ha), Indragiri Hulu (510 ha) dan Pelalawan (250 ha). Untuk sementara, area kebakaran di Pekanbaru mencapai lebih dari 4 hektare.(fzr)