BENGKALIS, GORIAU.COM - Pemuda mempunyai peran penting dalam tatanan suatu bangsa. Pemuda merupakan wajah kehormatan suatu bangsa dalam segala konteks kehidupan. Jika para pemuda dalam suatu negara mengalami kerusakan moral dan agama, maka sangat disayangkan nasib bangsa itu nantinya. Pemuda harus tangguh, agamis dan berakhlakul karimah.

Demikian diungkapkan Wakil Bupati Bengkalis H Suayatno ketika saat membuka Amazing Leadership Training di Hotel Marina, Bengkalis, Kamis (24/1/2013).

Wabup menyambut baik menyelenggarakan amazing leadership training dengan tema ''Bangkitkan jiwa pemuda muslim sebagai tunas calon pemimpin bangsa''. Dan mudah-mudahan dari kegiatan ini, mampu melahirkan gagasan dan tekad yang kuat untuk membangun pemuda muslim Kabupaten Bengkalis yang lebih tangguh.

Wabup mengutip pernyataan seorang ulama fiqh dan hadits dari Mesir, Hasan Al Bana, pemuda merupakan pilar kebangkitan bangsa. Dalam setiap kebangkitan, pemuda merupakan kekuatannya. dalam setiap fikrah, pemuda adalah pengibar panji-panjinya.

Pemuda dituntut harus berpikir panjang, bijak dalam menentukan sikap, maju untuk menjadi penggerak dan pencetak peradaban. Selalu tegar dan tidak pernah gentar dalam menebarkan nilai kebenaran dan kebaikan, merupakan indikator kebaikan hidup bagi seorang pemuda Islam karena semua yang bergerak dan beramal akan mendatangkan kemashlahatan dan kebaikan.

''Pemuda tidak boleh berpangku tangan tanpa ada partisipasi dalam mewujudkan agenda perubahan umat,” ungkapnya.

Sebagai entitas masyarakat, pemuda dituntut kritis dan berusaha mengungkapkan realitas dan fakta-fakta yang terjadi di masyarakat karena pemuda menjadi tumpuan bagi rakyat untuk terus menyuarakan perubahan. Namun Suayatno mengaku miris terhadap kemorosotan moral yang menimpa segelintir generasi muda. Dari mulai mengenal narkoba, kenakalan remaja, pergaulan bebas, tawuran pelajar, prostitusi dan gang motor.

“Kita tidak ingin pilar-pilar bangsa ini rapuh, untuk itu kita punya tugas dan tanggungjawab menangkal kemorosotan moral generasi muda. Saya mengajak kepada pemuda-pemudi yang hadir pada acara ini, agar menjadi pelopor mewujudkan generasi muda kabupaten bengkalis yang agamis, berkualitas dan berakhlakul karimah,” ingat Wabup. (jfk)