PEKANBARU - Puluhan siswa-siswi SMKN 1 Teluk Kuantan dan SMK Negeri Logas Tanah Darat (LDT), Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, antusias mengikuti diskusi jurnalistik disekolahnya. Acara tersebut berlangsung santai dan penuh keakraban di aula SMK Negeri 1 Telukkuantan, Senin (23/11/2015) pagi.

Kepala SMKN 1 Teluk Kuantan Hurdisman, SPd mengatakan, diskusi jurnalistik kali ini bertujuan untuk memberi pengetahuan tambahan tetang jurnalis baik dari segi cara menulis maupun pemberitaan bagi siswa-siswinya.

"Bukan hanya siswa-siswi SMKN 1 saja, diskusi kali ini juga dihadiri anak-anak murid dari SMK 2 Logas Tanah Darat. Kami berharap dengan acara diskusi ini bisa menambah pengalaman serta ilmu tambahan bagi anak didik kami," ungkap Hurdisman kepada GoRiau.com .

Dalam diskusi jurnalistik tersebut, pihak SMKN 1 Teluk Kuantan, menghadirkan pimpinan redaksi (Pimred) GoRiau.com Hasan Basril, sebagai narasumber sekaligus memberikan kuliah singkat mengenai jurnalistik.

Menurut Hasan Basril, untuk meningkatkan kualitas dunia jurnalistik diperlukan latihan dan pengetahuan yang luas sehingga muncul sense of news. "Banyak hal di sekitar kita yang dapat dijadikan berita. Mulai hal kecil yang yang ada di sekitar kita, dan menuangkannya dalam bentuk tulisan. Saat tulisan tersebut disebarluaskan, maka akan jadi berita yang dapat dikonsumsi banyak orang yang membacanya," sambutnya.

Hasan Basril juga berpesan agar anak didik SMK 1 Teluk Kuantan, supaya jangan cepat menyerah dalam menulis. "Semakin banyak berlatih , maka kemampuan Anda akan semakin  terasah," ujarnya kepada peserta.

Dari pantauan GoRiau.com, para peserta diskusi mengaku kurang puas, karena acara tersebut hanya berlangsung sekitar 45 menit.

"Acaranya seru, banyak sekali ilmu yang kita dapat dari narasumber, tapi sayangnya cuma sebentar," ungkap salah satu peserta.

Hal serupa juga dikatakan salah satu guru pembimbing dari SMK 2 Logas Tanah Darat, Asep Setiawan. "Saya pikir acaranya lumayan bagus, tapi karena waktunya yang terlalu singkatat rasanya kurang puas, Mas. Mudah-mudahan ke depannya kita bisa mengadakan acara serupa namun dengan pemberian materi langsung oleh narasumber," pungkas Asep Setiawan.***