RENGAT, GORIAU.COM - Pembatalan pemenang lelang proyek pembangunan SDN 007 Kelurahan Sekip Hulu, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dinilai sarat dengan kepentingan. Akibat pembatalan itu salah seorang kontraktor mengalami kerugian.

Dari beberapa perusahaan yang mengikuti proses lelang, PT. Andika Utama dinyatakan sebagai pemenang dengan penawaran Rp. 5.819.150.000 dari pagu anggaran Rp. 6.140.000.000.

"PT. Andika Utama dinyatakan sebagai pemenang dan hasilnya juga telah diumumkan melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Inhu pada Rabu (18/6-2014) yang lalu. Namun dibatalkan oleh tim Pokja ULP pada Sabtu (26/7/2014). Pembatalan tersebut tanpa dasar yang jelas dan dinilai sepihak, " ujar Iyan Direktur PT. Andika Utama kepada wartawan Jumat (8/8/2014) di Pematang Reba.Disebutkan Iyan, pihaknya menerima surat pembatalan ULP setelah satu bulan lebih pemenang lelang diumumkan. "Dari surat yang saya terima, pembatalan pemenang tersebut karena adanya surat sanggahan dari perusahaan yang kalah, yaitu PT. Fera Yanesha Ramadhan, PT. Fitri Indah Cahaya Danau Raja dan PT. Fitri Indah Gemilang," sebutnya.Dalam surat itu, pembatalan ini juga berdasarkan hasil koordinasi Pokja dengan ULP, maka mereka menyimpulkan untuk melakukan evaluasi ulang terhadap seluruh dokumen penawaran yang masuk, sehingga akan dilakukan lelang ulang, kata Iyan menirukan isi surat itu.

Dengan demikian, dinilai Pokja SD 007 dan ULP Inhu tidak profesional dan proporsional dalam bekerja. Jika benar seluruh dokumen perusahaan yang mengikuti lelang pada proyek itu tidak ada yang lengkap mengapa diteruskan, setelah ada pemenang kok baru diketahui ada dokumen yang tidak lengkap, ada apa ini sebenarnya, tanya Iyan.

Maka dari itu, diminta pemerintah daerah untuk bisa meninjau kembali kinerja petugas dan sertifikasi yang mereka miliki, sehingga tidak banyak pihak lain yang dikorbankan seperti ini, pungkas nya.

Hingga berita ini dimuat, Ketua Pokja Heri Ferdian ketika dikonfirmasi Goriau.Com via selulernya Jumat (8/8/2014), belum bisa dikonfirmasi. "Saya mau rapat, nanti saya hubungi kembali," jawabnya singkat.(Jef)