SELATPANJANG, GORIAU.COM - Ribuan warga Kecamatan Pulau Merbau dan sekitarnya tiba-tiba datang dan memadati Pantai Beting Beras Desa Pulau Merbau, Kecamatan Pulau Merbau, Kepulauan Meranti, Riau. Hal ini pertama kali terjadi, meski deaerah tersebut sudah ada sejak zaman Kerajaan Siak.


Ribuan warga yang berasal dari Kecamatan Pulau Merbau dan sekitarnya itu bersiap mengambil puluhan peralatan elektronik yang ada tak jauh dari pantai. Karena, hari itu, Sabtu (29/8/2015) siang, digelar Pesta Pantai Betingberas perdana, berupa jalan sehat di atas pantai.
Rudi Kurniawan selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa acara jalan sehat di atas pantai itu perdana diadakan, meski Desa Kualamerbau itu telah ada sejak Zaman Kerajaan Siak. Rudi mengatakan, Pantai Betingberas tersebut selain objek wisata juga menjadi sejarah. Sebab, di desa Kualamerbau itu sangat banyak bukti-bukti sejarah.
"Pantai ini pantai bersejarah. Masyarakat diminta untuk selalu menjaga hal-hal yang tidak akan merugikan diri sendiri maupun orang lain," ujar Rudi yang mengatakan Pantai Betingberas juga merupakan pantai yang memiliki mitos dan dipercayai oleh warga setempat.
Sementara itu, salah seorang perwakilan Kepala Desa juga mengatakan hal yang sama. Kata laki-laki itu, banyak bukti sejarah di Kualamerbau sudah pupus akibat tingginya. "Abrasi membuat bukti sejarah itu tenggelam," katanya.
Ditambahkannya, setelah mempunyai aset berupa pantai itu, mereka berharap agar Pemda Meranti mempunyai program jelas kedepannya untuk mempercantik pantai itu. Terutama dalam penanganan abrasi.
Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs H Ishak Izrai mengatakan secara perlahan infrastruktur jalan dan jembatan akan diupayakan untuk Kualamerbau. Mereka berjanji akan terus berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).
"Pantai ini sangat indah, tapi pintu masuknya tidak. Insyallah Pantai Betingberas akan kita upayakan pembangunannya," janji Ishak waktu itu.
Dalam kegiatan perdana itu, dibuka langsung oleh mantan Abang Jakarta tahun 1991 yang juga Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi. Terlihat hadir Sekretaris Disparpora H Ismail Arsyad, Danramil 04 Selatpanjang Mayor B Tambunan beserta jajaran, Camat Pulaumerbau Edy M Noer, dan ribuan masyarakat Pulaumerbau dan sekitarnya.(zal)