PEKANBARU, GORIAU.COM - Guna menggesa kelanjutan pembangunan Jembatan Siak IV, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau segera melakukan sosialisasi ke masyarakat sekitar. Setidaknya masih ada 118 hektar lahan yang akan dilakukan pembebasan.

Asisten I Setdaprov Riau, Kasiaruddin, Kamis (28/8/2014), menjelaskan, sosialisasi tersebut guna memberi pengertian kepada masyarakat tempatan bahwasanya pembangunan jembatan tersebut masih terkendala karena belum dilakukan pembebasan lahan.

"Sosialisasi akan segera kita lakukan," kata Kasiaruddin saat ditemui di Kantor Gubernur Riau, Kamis (28/8/2014).

Mengenai target, Pemprov Riau mengejar ketertinggalan pembebasan lahan tersebut hingga akhir 2014 ini. Karena pembangunan Jembatan Siak IV akan dimulai pengerjaannya pada 2015 mendatang.

Pemprov Riau juga menyiapkan anggaran sebesar Rp260 miliar untuk ganti rugi lahan sebagai kelanjutan pembangunan jembatan yang menghubungkan Kecamatan Rumbai dengan Pusat Kota Pekanbaru tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemprov Riau bersama Pemko Pekanbaru telah melakukan pertemuan membentuk tim pembebasan lahan Siak IV tersebut. Pertemuan tersebut merupakan tahap awal untuk membahas lahan perencanaan pembangunan jembatan.

Selain itu juga pembangunan sejumlah fasilitas umum, kepentingan ekonomi lokal (kawasan bisnis), kawasan hijau (taman kota), untuk perkantoran dan fasilitas sosial lainnya.***