PEKANBARU, GORIAU.COM - Kementerian Lingkungan Hidup, Senin (4/2/2013) mengumumkan hasil penilaian program peringkat kinerja (Proper) perusahaan 2011-2012 di bidang lingkungan hidup. Seluruh perusahaan di Indonesia dapat penilaian termasuk Riau. Uniknya, BUMD Riau yang bergerak dalam bidang pelayanan umum yaitu RSUD Arifin Ahmad justru mendapat nilai merah.

Hasil proper perusahaan periode 2011-2012 untuk Riau disampaikan oleh Deputi Kementerian Lingkungan Hidup Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan, Karliansyah. Karliansyah yang juga Ketua Tim Teknis Proper 2012 menyampakan hal itu pada Rapat Koordinasi Regional Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Se-Sumatera, Senin (4/3/2013) di Hotel Pangeran Pekanbaru.

Dikatakan, perusahaan sektor agroindustri, khususnya sawit di Riau mendominasi perolehan nilai merah untuk Program Peringkat Kinerja (Proper) Perusahaan 2011-2012 pada Kementerian Lingkungan Hidup. Sedangkan proper dengan nilai Hijau didominasi industri migas.

Ada 13 perusahaan di Riau yang memperoleh proper dengan nilai merah, selain perusahaan Sawit, karet dan migas juga ada satu yang bergerak di pelayanan umum yaitu Rumah Sakit milik Pemerintah Riau, RSUD Arifin Achmad. (nti)