PASIR PANGARAIAN, GORIAU.COM - Curah hujan yang terus meningkat beberapa waktu belakangan, menyebabkan bencana banjir di beberapa lokasi di Indonesia. Khusus Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang baru saja keluar dari musibah tersebut kembali mendapatkan 'jatah'.

Ada 4 kecamatan, yakni Rambah Hilir, Tambusai Utara, Kepenuhan dan Kepenuhan Hulu terendam banjir, Kamis (25/12/2014). Sedikitnya 338 rumah terendam dan berdampak kepada 1.966 jiwa.

"Yang terparah ada di Kecamatan Rambah Hilir, dimana genangan banjir mencapai 2 meter," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho.

Banjir di 4 kecamatan tersebut hampir merendam seluruh fasilitas yang ada. Baik rumah, sekolah, tempat ibadah dan lainnya.

Sejauh ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul bersama masyarakat sudah melakukan pembersihan dan memperbaiki tanggul yang jebol.

Setidaknya 2 unit speed boat dikerahkan untuk melakukan evakuasi warga. Karena stok logistik di BPBD Rohul dinyatakan sudah habis tersalurkan pada banjir sebelumnya yang terjadi pada November lalu.

"Sehingga BPBD Rohul hanya bisa membantu dengan melakukan evakuasi warga dan menyalurkan nasi bungkus," sambung Sutopo.***