PEKANBARU, GORIAU.COM - Panglima Komando Operasi TNI-AU (Pangkoopsau) II, Marsekal Muda (Marsda) TNI Agus Dwi Putranto, Senin (3/8/2015), secara resmi melantik Komandan Pangkalan Udara (Dalanud) TNI-AU Roesmin Nurjadin (RSN) yang baru. Pelantikan tersebut berbarengan dengan naiknya tipe Lanud RSN menjadi tipe A.

Pangkoopsau II, Marsekal Muda (Marsda) TNI Agus Dwi Putranto, langsung melantik Danlanud RSN yang baru, Kolonel Pnb Henri Alfiandi, yang sebelumnya bertugas di Staf Pengamanan (Spam) TNI-AU. Sedangkan M Khairil Lubis berpindah menjadi Pati Sahli (Perwira Tinggi Staf Ahli) KASAU bidang Air Power.

"Lanud Roesmin Nurjadin satu-satunya Pangkalan Udara di Sumatera yang naik menjadi tipe A. Dengan begitu kita harapkan mampu menjawab tantangan keamanan udara kedepan, khususnya di perbatasan Sumatera dengan negara tetangga," sebut Marsekal Muda (Marsda) TNI Agus Dwi Putranto, Senin (3/8/2015) siang, usai serahterima jabatan.

Meningkatnya Lanud RSN menjadi tipe A, karena Provinsi Riau sangat strategis, dimana berdekatan dengan negara tetangga, sehingga dapat menjawab tantangan geografis. "Disini sudah ada Skadron F-16, yang harusnya bisa menjangkau seluruh Sumatera dan jadi pangakalan Aju utama," tukasnya singkat.

Sementara itu, Danlanud Roesmin Nurjadin yang baru, Kolonel Pnb Henri Alfiandi mengatakan, pihaknya siap mengamankan wilayah udara, baik Utara, Timur dan Selatan. Bahkan ada 24 Skadron F-16 yang nantinya bermarkas di RSN. "Biasanya satu Skadron ada 16, disini rencana 24, dan mereka dalam proses pendidikan kesiapan, mudah-mudahan Agustus tahun depan siap beroperasi," tegasnya.

Memaksimalkan itu semua, Lanud RSN akan segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah, untuk mengusulkan memperpanjang runway yang sekarang 2.500 meter menjadi 3.000 meter. "Agar kita menjadi pangkalan andalan, berkualitas baik segi personil, armada, dan kerjasama. Semua segera direalisasikan ke pusat," tutupnya.

Selain melantik Danlanud RSN, Pangkoopsau II, Marsekal Muda (Marsda) TNI Agus Dwi Putranto juga melantik Danlanud Soewondo Medan. Acara berlangsung di Main Aphrone Base Ops Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Selain Lanud RSN, ada dua Lanud lainnya yang juga naik ke tipe A, yakni Lanud Supadio Pontianak dan Lanud Suryadarma Kalijati. (had)