BENGKALIS, GORIAU.COM - Ribuan masyarakat menghadiri halal bihalal sempena lebaran Idul Fitri 1435 H yang digelar Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Bengkalis, pagi ini.

Pantauan di lokasi acara, semua tempat yang disediakan tampak penuh. Suasana semakin semarak karena semua undangan memakai baju Melayu dengan songket Tenun Lejo.

Acara halal bihalal dihadiri oleh Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh, Kapolres Andry. Wibowo, Kajari Mukhlis, Ketua Pengadilan Sarah Wabup H Suayatno, Sekda H Burhanuddin, Forkompinda, ketua dan pengurus LAMR, para pejabat dan PNS di lingkungan Pemkab Bengkalis.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, acara halal bihalal ini untuk menjalin silaturrahmi. Momentum Idul Fitri unuk mmebangun tali silaturahim, juga merupakan wahana introspesksi apakah Ramadan membawa arah lebih baik.

Pelajaran pribadi yang kuat selama Ramadan mari kita dipertahankan. Tugas ke depan untuk membangun Kabupaten Bengkalis terbentang lebar. Membangun daerah ini tentunya tidak bisa seperti membalik telapak tangan. Mari kita jaga suasana yang kondusif,'' ajak Bupati.

Pada kesempatan itu Bupati juga menyampaikan berbagai program startegis Pemkab Bengkalis, seperti program Bengkalis menjadi kota pendidikan saat ini telah ditopang dengan berdirinya sejumlah perguruan tinggi. Bahkan dalam waktu dekat, STAI Bengkalis akan naik status menjadi negeri.

Kemudian di bidang infrastruktur sedang dilaksanakan pembangunan jalan poros melalui sistem multiyears. Selanjutnya di bidang kesehatan ada program Jamkesmasda yang mengcover jaminan kesehatan seluruh masyarakat Bengkalis melalui program berobat gratis kelas III. Kemudian bantuan ambulans desa, saat ini sudah 61 desa yang menerima bantuanu, tinggal 22 desa lagi yang belum dan tahun ini akan tuntas.

Acara diisi dengan penyampaian tausiyah oleh Prof. Daud Rasyid dari Jakarta yang mengupas banyak soal manfaat puasa yang telah dijalani di bulan Ramadan kemarin dan bagaimana mempertahankannya.

Ia juga memuji kota Bengkalis yang bersih dan ia yakin orang-orangnya bersih. Namun ia sedikit menyentil soal suara walet yang agak mengganggu sehingga harus ditertibkan.(jfk)