BENGKALIS, GORIAU.COM - Wakil Bupati Bengkalis H Suayatno yang juga selaku Ketua Umum Paguyuban Keluarga Masyarakat Jawa (PKMJ) Kabupaten Bengkalis menegaskan bahwa keberadaaan organisasi ini harus memberi manfaat kepada masyarakat luas. Bukan malah sebaliknya, hanya menjadi wadah partai politik tertentu.

Penegasan itu disampaikan Wakil Bupati ketika mengukuhkan pengurus kecamatan PKMJ se-Kabupaten Bengkalis 2014-2018 di Gedung Cik Puan, Minggu (2/2) malam. Ia juga mengingatkan agar PKMJ tidak eksklusif, tapi membuka diri untuk semua golongan dan ikut memberi kontribusi untuk pembangunan Kabupaten Bengkalis.

"Tunjukkan sebagai masyarakat Kabupaten Bengkalis, kita bisa berpartisipasi dan mendukung pembangunan dan program-program yang dilaksanakan pemerintah. Jangan hanya menjadi penonton, tapi harus menjadi pelaku pembangunan," pinta Wabup.

Menyongsong  pesta demokrasi Pemilu Legislatif dan Pilpres mendatang, Wabup juga mengimbau warga PKMJ untuk dapat menyalurkan hak pilih sebagaimana mestinya, jangan golput. Bagaimanapun masa depan bangsa ini sangat bergantung dari suara yang disalurkan, maka dari itu pilihlah tokoh atau pimpinan yang akan membawa negara ini ke arah yang lebih baik.

Sebagai Ketua BNK Kabulaten Bengkalis, Wabup juga mewanti-wanti pengurus dan warga PKMJ untuk tidak terlibat narkoba. Di samping akan merugikan diri sendiri, verhadapan dengan hukum, melarutkan diri ke lingkaran narkoba kata Suayatno pula juga otomatis merusak masa depan dan generasi bangsa.

"Masih sangat banyak kegiatan yang positif dan bermanfaat yang bisa dilakukan. Fokuskan diri kita ke sana. Hindari hal-hal dan pergaulan yang akan menjerat kita pada narkoba. Karena sekali terjerumus ke lingkaran narkoba, akan sulit untuk keluaf dari lingkaran itu. Dan jika itu terjadi, alamat masa depan suram sudah di depan mata. Karena itu hindarilah narkoba," pesan Wabup.

Sementara Penasehat PKMJ, Bagus Santoso, menilai keberadaan  masyarakat Jawa di Kabupaten Bengkalis  khususnya merupakan potensi besar bagi Kabupaten Bengkalis dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan.  Untuk itu masyarkaat Jawa dari berbagai profesi dapat memainkan perannya masing-masing sehingga keberadaannya dirasakan oleh seluruh kalangan, tidak hanya masyarakat Jawa saja.

Ia juga berharap PKMJ tidak hanya berdiri sendiri, namun berusaha bersinergi dengan paguyuban lainnya yang ada di Kabupaten Bengkalis dalam menunjang pelaksanaan pembangunan di Negeri Junjungan.(jfk)