PANGKALAN KERINCI - Pemilihan kepada daerah serentak tinggal menghitung hari. Pesta demokrasi yang diselenggarakan tanggal 9 Desember 2015 nanti berlangsung di dua ratus tujuh puluh satu kabupaten kota se-Indonesia. Pesta demokrasi akbar tersebut juga dilaksanakan di sembilan kabupaten kota di Riau. Kabupaten Bengkalis, Indragiri Hulu, Kuansing, Dumai, Siak, Rohul, Meranti, Pelalawan dan Rohil menjadi kabupaten kota tahap awal dalam penyelenggarakan Pilkada di Bumi Melayu.

Dalam upaya mewujudkan pilkada yang aman dan berintegritas, berbagai upaya sudah dilakukan. Salah satunya adalah sinergitas antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di berbagai daerah.

Kegiatan yang diberinama ''Fasilitasi Dukungan Perlindungan Masyarakat dalam rangka Menghadapi Pilkada Serentak Se-Provinsi Riau'' dilaksanakan di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pelalawan yang berada di Komplek Perkantoran Pemeritah Kabupaten Pelalawan. Kegiatan yang diikuti oleh tujuh puluh Anggota Satpol PP Pelalawan tersebut di buka langsung oleh Kasat Pol PP Kabupaten Pelalawan H. Abu Bakar, S.Sos.

Orang nomor satu di Satpol PP Pelalawan tersebut mengutarakan bahwa institusinya siap mewujudkan pilkada yang aman dan kondusif, kita semua komit dan siap untuk mensukseskan pemilukada yang sebentar lagi akan dilaksanakan, dengan kekuatan 285 orang satpol PP kita berharap Semua berjalan dengan kondusif aman katanya dalam sabutan. Abu Bakar menambahkan sampai hari ini belum ada bentuk kejadian yang merasakan masyarakat dalam proses persiapan penyelenggaraan Pilkada di Pelalwan yang disambut tepuk tangan meriah dari peserta.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Yansirman dari Satpol PP Provinsi Riau, Amperadi, M.Si selaku Kabid Linmas Satpol PP Pelalawan, Iskandar, S.Pd., M.Pd. selaku Sekretaris Satpol PP Pelalawan dan Abdul Malik dari Komisioner KPU Pelalawan.

Acara yang diselenggarakan satu hari tersebut diisi oleh pemateri dari Komisioner KPU Riau, Sri Rukmini, SH., M.I.Kom. Bidang Sosialisasi dan SDM. Ibu dari tiga anak tersebut memberikan penguatan tentang urgensi Sinergitas antara KPU dengan Satpol PP dalam mewujudkan Pilkada serentak yang sukses dan beritegritas di Bumi melayu ini.

Srie -sapaan akarabnya- menjelaskan bahwa kesuksesan pesta demokrasi akbar ini menjadi tanggung jawab bersama, ''kesuksesan pilkada serentak ini menjadi tanggung jawab bersama,'' tutur Sri Rukmini di hadapan seluruh peserta. Mantan PGPA Chevron tersebut menjelaskan panjang lebarnya tentang Peran Satpol PP di Pemilu & Pemilukada. Srie menjelaskan dalam presentasinya bahwa sinergitas tersebut bisa terwujud dengan cara menyamakan persepsi dan pola operasi bagi satpol pp dan satlinmas di daerah juga polri, kpu, panwaslu, kesbangpol serta pihak-pihak terkait di daerah melalui kerjasama yang sinergis dalam menunjang terciptanya situasi yang kondusif; baik menjelang, pada saat dan setelah pelaksanaan pemilu tutur Sri Rukmini.

Peseta sangat antusias dalam mengikuti satu demi satu slide yang di paparkan oleh Komisioner KPU Riau tersebut, Rospandi, S.Sos. menilai bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang fenomena kepemiluan terbaru mengingat bahwa Pilkada serentak adalah inivasi baru dalam penyelenggaraan pesta demokrasi di tanah air. "kita sangat senang sekali mendapatkan materi seperti ini, karna sangat bermanfaat dan menambah wawasan kita di bidang kepemiluan, mengingat Pilkada serentak adalah sistem baru, sehingga dengan pembekalan seperti ini membantu kami dalam melaksanakan tugas untuk mensukseskan pemilu di Kabupaten Pelalawan tutur Rospandi.

Sementara itu, Komisioner KPU Pelalawan Abdul Malik turut hadir mendampingi Sri Rukmini dari KPU Provinsi Riau, kegiatan seperti ini sangat membantu dalam mensosialisasikan pengamanan dan dan apa-apa yang bisa dibantu oleh Satpol PP dan Linmas untuk mensukseskan Pilkada serentak. "ini sangat mebantu dalam mensosialisasikan pengamanan dan apa-apa yang bisa dibantu oleh teman-teman satpol PP, tuturnya. (rls)