BENGKALIS, GORIAU.COM - Untuk memudahkan akses ke dua pulau di Kabupaten Bengkalis, Riau. Pemerintah Kabupaten Bengkakis kini sedang merancang pembangunan bandara di Pulau Rupat dan Pulau Bengkalis. Menurut Kepala Bidang Perhubungan Udara, Komunikasi dan Informatika Bengkalis, Tajul Mudarris, saat ini Pemkab Bengkalis sedang menyusun masterplan kedua bandara itu.

''Masterplannya sedang disusun, Anggaran untuk pembuatan master plan kedua bandara di Pulau Bengkalis dan Pulau Rupat sudah kita ajukan dalam APBD 2013. Anggaran yang dibutuhkan untuk pembuatan master plan satu bandara Rp700 juta, untuk dua bandara dibutuhkan Rp1,4 miliar,'' ungkap Tajul Mudarris, Minggu (24/2/2013).

Untuk Feasibility study (FS) sudah selesai dibuat tahun 2011 lalu. Sedangkan detail engineering design (DED), analisa mengenai dampak lingkungan (amdal) hingga pelepasan kawasan akan menyusul, disejalankan dengan tata ruang Kabupaten Bengkalis.

Menyangkut tipe bandara yang akan dibantuk, menurut Tajul akan disesuaikan dengan kebutuhan nantinya serta mengacu kepada master plan yang akan dibuat tahun ini. Dishubkominfo selaku leading sektor pembangunan bandara akan berupaya agar dalam waktu dekat semua persyaratan pembangunan sebuah bandara dapat dipenuhi.

“Pembiayaan fisik bandara itu nantinya akan diupayakan menggunakan sistem sharing budget dengan APBN dan APBD Riau. Untuk persyaratan awal, seperti pembuatan master plan dan lainnya dibiayani APBD Bengkalis,” jelasnya. (jfk)