BENGKALIS, GORIAU.COM - Kabupaten Bengkalis meraih penghargaan energi dari Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM). Bengkalis meruapakan satu-satunya kabupaten di Riau yang meraih penghargaan tersebut sebagai pelopor energi terbarukan melalui produk bioethanol berbahan baku nipah.

''Kita baru kemarin (Kamis,red) diberitahu Kementerian ESDM bahwa kita merupakan salah satu kabupaten dalam hal ini tentunya mewailiki Riau, yang meraih pengargaan energi 2014. Penganugerahannya sendiri dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus di Jakarta langsung oleh Pak Presiden,'' ujar Kepala Balitbang Bengkalis, Dr Sopyan Hadi kepada wartawan, Jumat (15/8/2014).

Dikatakan, anugerah penghargaan energi merupakan agenda tahunan Kementerian ESDM. Masuknya Bengkalis sebagai penerima nominasi pada tahun ini merupakan suatu prestasi yang cukup membanggakan karena diakui secara nasional bahwa produk bioethanol dengan bahan baku nipah layak untuk dikembangkan sebagai energi alternatif menggantikan bahan bakar fosil.Menurut Sopyan, ada tiga katagori penghargaan yang diberikan oleh Kementerian ESDM, yaitu Penghargaan Energi Prakarsa, Pengharagaan Energi Pratama dan Penghargaan Energi Prabawa.

''Kita masuk dalam katagori penghargaan prakarsa, yaitu penghargaan ini diberikan karena berjasa sebagai pemrakarsa, penggerak, dan berkomitmen tinggi dan berdampak besar terhadap pemanfaatan energi terbarukan, meningkatnya perekonomian masyarakat sekitar dan kepedulian masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan,'' papar Sopyan.

Penghargaan tersebut tentunya akan semakin memicu untuk memproduksi bioethanol secara massal sehingga benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat banyak. Manfaatnya bukan hanya  dari produk yang dihasilkan, melainkan juga dari proses produksi bioethanol itu sendiri yang bisa menggerakkan perekonomian masyarakat tempatan.

''Insyaallah dengan dukungan seluruh lapisan masyarakat dan juga Pemerintah Kabupaten Bengkalis sendiri, apa yang kita cita-citakan ini akan bisa terwujud,'' kata Sopyan.(jfk)