PANGKALAN KERINCI,GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Pelalawan menyatakan optimisme tingkat kelulusan pelajar Sekolah Dasar (SD) dalam pelaksanaan Ujian Nasional mencapai seratus persen.

 

"Tahun ini, kami optimis seluruh siswa yang mengikuti UN akan lulus," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pelalawan MD Rizal saat mendampingi Bupati dalam meninjau pelaksanaan UN di beberapa SD di Pangkalan Kerinci, Senin (6/5/2013).

 

Pelaksanaan UN di kabupaten itu dikabarkan diikuti oleh sebanyak 6.187 siswa-siswi SD/MI.

 

Bupati Pelalawan, HM Harris, turun langsung meninjau pelaksanaan UN tingkat SD/MI tersebut. Selain Kepala Dinas Pendidikan Pelalawan MD Rizal, turut juga mendampingi Bupati Kabid Kurikulum Salbiah S.Pd,Kasi Kurikulum SD/MI Nazwir Alam dan sejumlah staff Disdik lainnya.

 

Bupati dan rombogan menoinjau dua sekolah yakni SD Negeri Binaan Khusus (Binsus) Bernas dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Pangkalan Kerinci ditinjau pelaksanaannya oleh Bupati Pelalawan.

 

"Alhamdulillah, di hari pertama ini, tak ada kendala yang terjadi. Artinya, semua soal-soal lancar begitu juga dengan lembar jawabannya. Dan dari 62 siswa yang terbagi dalam empat (4) lokal, semuanya hadir dalam UN hari pertama ini," kata Bupati.

 

Dalam kesempatan meninjau itu, Kadisdik Pelalawan MD Rizal, secara singkat sempat menanyakan perihal soal-soal pada siswa di SDMutiara dan SD Global Andalan terkait apakah ada soal yang buram atau hal-hal lainnya.

 

Namun sejauh peninjauan tadi, tak ditemukan adanya soal-soal yang buram atau bahkan rusak, yang dapat mengganggu kelancaran para siswa dalam mengerjalan soal.

 

"Untuk pelaksanaan UN tingkat SD/MI ini, tak ada kita dapati permasalahn-permasalahan yang krusial. Kita harapkan pelaksanaan UN tingkat SD/MI ini dapat lancar sampai akhir," tegas MD Rizal.

 

Dikesempatan yang sama, Kabid Kurikulum Salbiah S.Pd melalui Kasie Kurikulum SD/MI, Nazwir Alam mengatakan, bahwa untuk tahun iniada sebanyak 6.187 siswa-siswi tingkat SD/MI se Kabupaten Pelalawan yang mengikuti UN. Dari jumlah tersebut, tiga diantaranya adalahsiswa SLB Negeri Pangkalan Kerinci.

 

"Dari jumlah siswa SD negeri dan swasta sebanyak 6.187 yang mengikuti UN itu, tiga diantaranya berasal dari siswa SLB NegeriPangkalan Kerinci," katanya.

  

Dari jumlah siswa SD/MI sebanyak 6.187 yang mengikuti UN, 195 diantaranya berasal dari SD Negeri, 11 SD Swasta dan 5 dari MI,dengan rincian 1 MI negeri dan 4 MI swasta. Untuk tingkat SD/MI ini sendiri pelaksanaan UN akan digelar dari tanggal 6 - 8 Mei mendatang.

 

"UN untuk tingkat SD/MI ini hanya dilaksanakan selama tiga hari dengan tiga mata pelajaran saja yakni Bahasa Indonesia, Matematikadan IPA ," tutupnya.(ilm)