PEKANBARU, GORIAU.COM - Mengantisipasi masuknya pelaku penyelundupan yang marak khususnya di wilayah Pesisir Riau, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Brigjen Dolly Bambang Hermawan, melakukan Sambang Nusa kepulau terdepan Riau. Jendral Bintang Satu ini bertolak ke pulau Rupat dan Jemur Rokan Hilir (Rohil).

Sambang Nusa (mengunjungi pulau terdepan,red) ini dilakukan Kapolda, Senin (13/4/2015). Sesuai jadwal, Brigjen Dolly akan bergerak dari kota Pekanbaru dengan menggunakan Helikopter, dan mendarat di Helipad Pekong Angin, Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas Kabupaten Rohil.

"Kegiatan utama di Panipahan. Setelahnya Kapolda bertolak ke pulau Rupat dan pulau Jemur. Ini sekaligus untuk memperkuat poros maritim pada perbatasan pulau terdepan, untuk memastikan kesiapan dalam menangkal kasus penyelundupan," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo.

Khusus di pulau Jemur, sambungnya, Kapolda rencananya akan mengunjungi Pos TNI Angkatan Laut (AL). Disini orang nomor satu di Kepolisian Riau tersebut juga akan memberikan bantuan sembako kepada personil AL. "Sekaligus melakukan koordinasi pengamanan," tegasnya.

Untuk daerah Panipahan yang berpenduduk sekitar 40 ribu jiwa ini, Kapolda dan jajaran diantaranya Direktur Polisi Perairan (Dir Polair), Direktur Pembinaan Masyarakat (Dir Binmas), Kabid Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes), Kabid Humas, serta Wakil Direktur Narkoba Polda Riau juga akan memberikan penyuluhan bagi tokoh agama, tokoh masyarakat, remaja dan masyarakat pesisir.

"Penyuluhan berupa upaya antisipasi dan keaktifan masyarakat agar bisa bersama-sama mencegah kasus penyelundupan, dengan cara meningkatkan kepedulian dan kewaspadaan terhadap pelaku, supaya dapat segera berkoordinasi dengan polisi. Selain itu juga ada penyuluhan narkoba, kesehatan dan sebagainya," papar Guntur. (had)