PEKANBARU, GORIAU.COM - Guna mendukung program Gubernur Riau (Gubri), H Annas Maamun untuk mempromosikan sejumlah potensi wisata, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau membuat sebuah konsep sederhana yang akan mengangkat sebuah objek wisata di Riau yang belum menasional.

Dispora Riau tengah menggagas sebuah iven pacu dragon boat (perahu naga) di Sungai Siak. Iven ini masih dibahas sebaik mungkin untuk nantinya diajukan ke Gubri, H Annas Maamun.

"Semuanya masih dimantapkan sebelum diajukan ke Pak Gubernur, mudah-mudahan disetujui. Karena iven yang akan kita gelar ini disesuaikan dengan program promosi wisata oleh Pak Gubernur," ujar Kadispora Riau, Edi Satria kepada GoRiau.com, Selasa (16/9/2014).

Kenapa hanya dragon boat? Dijelaskan Edi, karena setelah dilihat, memang dari semua cabang di dayung, dragon boat yang terlihat meriah.

"Mungkin pertama karena mereka ciri khas dengan suara, ditambah lagi memang banyak pedayung di dalamnya," kata Edi.

Saat disinggung apakah konsepnya hanya se-Riau atau langsung menapak ke tingkat nasional, Edi mengaku belum memutuskannya. Karena konsep tersebut akan dibawa terlebih dulu kepada Gubri, H Annas Maamun.

"Mungkin bisa dimulai dari antar kabupaten dan kota di Riau saja dulu. Tetapi jika memungkinkan secara nasional, akan kita buat biar promosi Sungai Siak semakin mudah dilakukan," ungkapnya.***