SELATPANJANG - Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat desa di Kecamatan Tebingtinggi Timur, Kepulauan Meranti, Riau, telah selesai. Rata-rata dari 10 desa di Kecamatan Tebingtinggi Timur itu menginginkan pembangunan yang hampir sama.

Pada umumnya desa-desa itu masih memprioritaskan pembangunan jalan. Jalan yang akan dibangun adalah jalan antar desa, dan jalan lingkungan desa. "Pada umumnya desa masih memprioritaskan jalan antar desa," ujar Camat Tebingtinggi Timur, Helfandi SE MSi, Senin (15/2/2016).

Untuk di desa, kata Helfandi juga, dari 10 desa yang ada sekitar 3 desa yang kondisi jalannya masih memprihatinkan, yaitu di Desa Desa Kepaubaru, Tanjunggadai dan Dusun Batangbuah Desa Batinsuir.

Sementara itu tambah Helfandi, untuk di kecamatan mereka tetap memprioritaskan akses menuju kabupaten di Selatpanjang. Sebab, untuk saat ini, masyarakat Tebingtinggi Timur tidak bisa kapan saja ke Ibukota Kabupaten, sebab transportasi masih menggunakan transportasi laut yang berangkatnya satu kali dalam sehari.

"Akses kecamatan menuju kabupaten yaitu dari Seitohor ke Lukun. Itu prioritas kita," tambah Helfandi.

Prioritas lain, disampaikan laki-laki yang hobi berkacamata ini, adalah perbaikan jalan di ibukota kecamaan serta pelebaran jalan. Pemcam juga mengupayakan parit beton termasuk pembenahan pintu klip, dalam rangka penanggulangan kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) dan unuk pertanian.

"Selain itu, fasilitas kesehatan. Kita rencanakan musrenbang setelah pelantikan bupati," ujarnya lagi. ***