SELATPANJANG, GORIAU.COM - Niat untuk membudidayakan rumput laut yang banyak terdapat di perairan Desa Mekong Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, tidak menyurut meski Dinas Kelautan dan Perikanan sempat menyatakan bahwa nilai jual rumput laut di Meranti rendah.


Hal itu sebagaimana disampaikan tokoh muda Desa Mekong Fitri Hardi, ketika ditemui di Selatpanjang, Minggu (12/10/2014) malam.
Fitri Hardi mengaku sudah mengetahui pernyataan dari dinas bahwa rumput laut di Meranti layak konsumsi, namun dikhawatirkan masyarakat akan menelan kerugian jika memaksakan diri untuk membudidayakan rumput laut itu.
"Kita tetap akan membudidayakan rumput laut yang banyak terdapat di perairan Desa Mekong," kata Fitri Hardi dengan bersemangat.
Mahasiswa yang tengah menyusun skripsi di salah satu universitas swasta di Pekanbaru itu mengaku hal yang paling pertama adalah mengambil sampel rumput laut kemudian akan meletakkan pada tali yang dimasukkan ke air laut. Kemudian tambahnya lagi, jika rumput laut itu sudah besar dan bisa dipanen, maka akan diambil untuk diolah.
Meski mengaku belum memiliki kemampuan dalam mengolah rumput laut, Fitri Hardi mengaku optimis bisa mengerjakan secara otodiak. Atau mungkin mereka akan mencari referensi melalui internet.
"Tidak sedikit orang berhasil setelah belajar dari internet. Tidak menutup kemungkinan kita akan mendapat ilmu pembudidayaan dan pengolahan rumput laut. Kita akan melibatkan pemuda-pemuda yang mau bekerja," katanya lagi.
Hal lain disampaikan Andri. Menurut Andri, kita tidak boleh membandingkan rumput laut yang banyak dijual di pasaran dengan rumput laut yang ada di laut Mekong.
"Saya pernah baca-baca di internet. Di sana dijelaskan bahwa rumput laut itu banyak macam. Bagi yang tumbuh di laut dalam akan berbeda dengan rumput laut di daerah yang lautnya agak dangkal, begitu juga dengan rumput laut di air tawar," kata Andri pula.
Pantauan GoRiau.com di Desa Mekong, masyarakat mengambil sampel rumput laut lalu dikeringkan. Memang ketika dikeringkan tidak seperti rumput laut yang banyak dijual di pasaran, namun jika direndam maka rumput laut itu kembali mengembang, bentuknya sama dengan rumput laut yang sering dijadikan makanan tambahan untuk es rumput laut.(zal)