PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument yang berada di Dusun Equator, Kelurahan Pangkalan Lesung, Kecamatan Pangkalan Lesung sepertinya tak terawat dan tak terkelola dengan baik. Hal ini terlihat dari kondisi yang ada saat ini.

"Kondisi tugu itu sekarang tak terawat. Padahal tugu itu kerap disinggahi oleh orang yang kebetulan melintasi Jalan Lintas Timur Pangkalan Lesung," ungkap Jumri, salah satu warga Desa Pesaguan, Kecamatan Pangkalan Lesung, Jumat (29/5/2015).

Disampaikan Jumri, ia dan masyarakat lainnya merasa prihatin terhadap kondisi Tugu Khatulistiwa saat ini. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan yang terkesan tidak peduli dengan potensi wisata yang ada.

"Kalau dikelola dengan baik, hal itu akan berdampak terhadap menggeliatnya ekonomi masyarakat setempat juga," ujar Jumri menutup.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Pelalawan membantah bila Tugu Khatulistiwa terabaikan dan tidak dilakukan perawatan.

"Pemkab Pelalawan melalui Disbudpora sangat serius berupaya menggali setiap potensi objek wisata yang ada di daerah ini," Jelas Zulkifli.(***)