BANGKINANG, GORIAU.COM - Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kampar Provinsi Riau diminta untuk mengembangkan Program Desa serta Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi untuk mempercepat  swasembada pangan.

"Pemuda harus berjuang untuk maju dan harus bisa mendukung berbagai program pemerintah khususnya program Pemdakab Kampar," kata Bupati Kampar Jefry Noer dalam sambutan diacara kunjungan DPD KNPI Kampar ke kawasan Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Karya Nyata, Siak Hulu, Kampar, Rabu siang.

Berbagai program yang dijalankan Pemdakab Kampar terintegrasi di kawasan P4S, dan sejauh ini telah menyedot perhatian berbagai pihak. Bahkan Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar sempat menyatakan kekaguman dengan program ketahanan pangan dan energi tersebut.

Bupati Kampar Jefry Noer menyatakan, berbagai program yang dijalankan selama ini adalah untuk percepatan mencapai 3 zero, yakni bebas kemiskinan, pengangguran dan rumah kumuh.

"Saya minta dan tekanakan, agar KNPI juga membantu mendorong percepatan tercapainya 3 zero. Jangan ada lagi kemiskinan di Kampar," katanya.

Pengurus DPD KNPI Kabupaten Kampar sengaja berkunjung ke lokasi P4S Karya Nyata. Ratusan anggota terfokus di lahan percontohan Desa serta Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi terletak di kawasan P4S dan tidak jauh dari Hotel Tiga Dara.

Turut hadir pengurus DPD KNPI Provinsi Riau dan jajaran pengurus kecamatan KNPI se-Kabupaten Kampar, serta panitia Musyawarah Daerah (Musda) XI DPD KNPI Kampar.

Ketua Panitia Musda XI DPD KNPI Kabupaten Kampar, Edwar mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mengisi rangkaian kegiatan Musda XI DPD KNPI Kampar yang akan dibuka Bupati Kampar pada Jumat (27/3) malam, di Balai Bupati Kampar.

"Kunjungan ini dalam rangka melihat sejauh mana program Pemerintah Kabupaten Kampar dalam bentuk percontohan Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE)," katanya.

Kegiatan ini kata Edwar, merupakan salah satu kesepakatan Panitia Musda XI DPD KNPI Kampar dengan pengurus DPD KNPI Kampar yang dimasukkan dalam kegiatan Musda XI KNPI Kampar. (rls)