PEKANBARU, GORIAU.COM - Peristiwa unik terjadi di Pekanbaru, Riau. Sepasang kekasih menikah dibawah tugu ''bahenol'' Pekanbaru yang berada tepat di depan kantor Gubernur Riau. Tugu yang sempat diprotes masyarakat ini berada di sentral pemerintahan dan kawasan padat kota Pekanbaru.

Bambang Aswandi selaku calon mempelai pria yang menyunting gadis idamannya Desri Kurniati, Senin (24/9/2012) di lokasi tugu ''bahenol'' Pekanbaru. Bambang sendiri memiliki jabatan sebagai Ketua Partai Rakyat Demokrat (PRD) yang mempersunting sekreatris partainya sendiri.

Mereka melaksanakan pernikahan sekitar pukul 10:00 WIB tadi. Mereka berdua duduk dibawah tugu tersebut yang lumayan sempit. Karena dibawahnya lagi ada kolam yang kalau silaf bisa kejebur.

Pernikahan ini pun menghadirkan tuan kadi, saksi serta mahar. Uniknya untuk mengucapkan ijab kabulnya, tuan kadi dan pengantin pria sama-sama menggunakan alat pengeras suara yang biasa dipakai untuk demontrasi.

Pernikahan Ketua PRD Riau, Bambang Aswandi dengan  Desri Kurniati dibawah patung 'bahenol' yang dinamai Tugu Zapin ini, dipersembahkan untuk petani. Hari pernikahan ini pun disesuaikan dengan hari Petani Indonesia.

Hari Petani Indonesia jatuh pada hari ini, Senin (24/9/2012). Saat itulah, Bambang dan Desri melaksanakan pernikahan yang cukup unik dan nyentrik.

Menurut Bambang, pernikahan itu sengaja dilakukan di depan publik serta massa dari Serikat Tani Riau (STR) sebagai bentuk rasa simpatinya terhadap petani. Pernikahan tersebut dia persembahkan untuk petani Indonesia.

''Selama ini kita menilai, petani di Indonesia selalu tersingkirkan oleh mereka yang punya modal besar. Banyak hak tanah petani yang dirampas kapitalis,'' kata Bambang selalu Ketua PRD Riau kepada wartawan.

Usai menikah, pengantin baru ini diarak massa Serikat Tani Riau (STR) untuk berdemo.

Mereka berdemo sambil mengarak pengantin baru. Tuntutan mereka tidak lain, soal tertindasnya para petani di Riau. Lahan petani banyak dicaplok perusahaan raksasa.(*/nti/rkc)