PEKANBARU, GORIAU.COM - Peristiwa kebakaran hebat terjadi di Kelurahan Kerinci Barat, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau. Akibat dari peristiwa ini, puluhan hektare lahan perkebunan milik warga di sana hangus. Namun saat di konfirmasi, Humas Polda Riau justru belum mengetahuinya.

"Kalau benar, maka kami akan menyelidiki kasus ini," Kepala Bidang Humas Polda Riau Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Hermansyah di Pekanbaru, Jumat (30/8/2013).

Menurut informasi saksi mata, kebakaran hebat tersebut terjadi sejak beberapa hari lalu akibat minimnya curah hujan di daerah tersebut. Namun sejumlah warga kemudian berupaya melakukan pemadaman karena kobaran api terus meluas hingga mengarah ke kawasan perkebunan.

Hingga Kamis malam (29/8), api telah menjalar ke kawasan perkebunan warga dan dikabarkan puluhan hektare lahan perkebunan karet di sana hangus terbakar. Selain itu, saksi mata juga mengabarkan api juga telah menghanguskan belasan rumah penjaga kebuh yang berada di sekitar areal tersebut.

"Untuk penyelidikan jika bernar demikian maka akan dilakukan oleh pihak Polres setempat. Sementara ini baru dua tersangka yang berhasil kami amankan," katanya.

Dua tersangka yang berhasil diamankan itu masing-masing yakni Yunus (30) dan Martin (40), keduanya diindikasi sengaja membakar lahan untuk kemudian mengalihfungsikan lahan tersebut sebagai kawasan perkebunan.

Yunus disangkakan telah sengaja membakar lahan hutan di Kabupaten Pelalawan, sementara Martin ketangkap warga saat membakar lahan semak belukar di Kecamatan Tampan, Pekanbaru.(ilm)