BENGKALIS, GORIAU.COM - Seluruh Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Bengkalis tahun 2015 M/1436 H dipastikan dapat berangkatnya semuanya sesuai jadwal. 4 orang JCH Kloter II yang awalnya diperkirakan bakal tertunda keberangkatannya karena hingga Senin (24/8/2015) pagi visanya belum selesai, pada malam harinya sudah selesai.

Sebagaimana diberitakan kemarin, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah H Eri Kusuma Pribadi menjelaskan, 4 orang JCH Kloter II berkemungkinan besar keberangkatannya delay (tertunda) karena terkendala visa. Tapi kini kendala itu tidak ada lagi.

''Alhamdulillah. Tadi malam visa untuk ke-4 JCH tersebut sudah selesai. Jadi tidak ada masalah lagi. Seluruh JCH Kabupaten Bengkalis tahun ini, baik untuk Kloter II maupun Kloter VII bisa berangkat sesuai jadwal,'' ujar Eri Kusuma dari Batam, sekitar pukul 10.15 WIB, Selasa (25/8/2015).

Dikatakan mantan Camat Bantan itu, tahun ini total JCH asal kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini di luar petugas, sebanyak 452 orang yang terbagi dalam 2 Kloter. Yaitu Kloter II dan Kloter VII. Meskipun berbeda Kloter, namun mereka berangkat melalui Embarkasi yang sama. Embarkasi Hang Nadim Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Kata Eri, di luar petugas, JCH untuk Kloter II sebanyak 214 orang yang berasal dari Kecamatan Bengkalis (116 orang), Bantan (44), Bukit Batu (37), Siak Kecil (8), Rupat (8) dan Rupat Utara (1).

Masih kata mantan Camat Merbau ini, Kloter II yang hari ini dalam perjalanan menuju Batam dan tergabung bersama JCH Kabupaten Rokan Hulu, akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah, Rabu (26/8/2015) besok. Sedangkan pulang kembali ke Indonesia 3 Oktober 2015.

''Untuk JCH Kloter II, mereka akan menginap di pemondokan Syisyiah. Sedangkan untuk Kloter VII dari Kecamatan Mandau dan Pinggir di Aziziyah,'' jelas Eri Kusuma.

Ditambahkan Eri Kusuma, JCH Kabupaten Bengkalis yang tergabung dalam Kloter VII terdiri dari JCH Mandau sebanyak 228 orang dan Pinggir 10 orang. Para JCH yang tergabung dengan JCH Kuantan Singingi ini akan berangkat ke Batam pada 30 Agustus 2015 mendatang dari pelabuhan Dumai.

''Mereka akan bertolak ke Tanah Suci sehari kemudian, 31 Agustus 2015 dan pulang ke tanah air dijadwalkan 8 Oktober 2015,'' jelas Eri Kusuma yang pernah menjabat Sekretaris Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis ini.

Sementara itu Kepala Bagian Humas Pemkab Bengkalis Johansyah Syafri yang saat ini dalam perjalanan ke Batam dengan kapal MV Batam Jet 1 bersama Ketua MUI Bengkalis H Rahman D, kembali menjelaskan Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie akan melepas keberangkatkan JCH Kloter II di Asrama Haji Batam.

''Tapi JCH Kloter II ini akan dilepas beliau bukan saja sebagai Pj Bupati Bengkalis, tapi juga sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Riau (Plt Gubri).

Karena informasi terakhir yang saya terima, karena Plt Gubri ada urusan dinas yang tak bisa diwakilkan, sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Provinsi Riau, beliau ditugaskan untuk mewakilinya,'' jelas Johan sekitar pukul 10.50 WIB tadi, seraya mengaku baru sampai di Pelabuhan Tanjung Harapan Selat Panjang, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Johan menambahkan, berdasarkan keterangan yang diperolehnya, saat ini Ahmad Syah tengah berada di Jakarta dan akan terbang ke Batam petang ini. Pasalnya, Senin malam, usai memimpin rapat bersama Sekretaris Daerah, Asisten, serta sejumlah Kepala Dinas/Badan/Bagian, Pj Bupati Bengkalis langsung berangkat ke Pekanbaru dan paginya langsung bertolak ke Jakarta.

''Kalau tidak salah beliau dipanggil Plt Gubri yang saat masih di Jakarta karena pada hari Senin kemarin bersama Kapolda dan Kajati dipanggil Presiden ke Istana Bogor. Info yang saya terima begitu,'' ujar Johan, seraya mengatakan rapat yang digelar di ruang rapat samping rumah dinas bupati Wisma Daerah Sri Mahkota yang dipimpin Ahmad Syah tersebut berakhir sekitar pukul 21.55 WIB.(ail)