PEKANBARU, GORIAU.COM - Penyadaran terhadap pemuda akan pentingnya ketahanan energi nasional sangat penting. Hal ini terungkap dalam seminar yang diselenggarakan oleh Jaringan Pemuda Peduli Energi (JP2E) bekerjasama dengan BEM FISIP Universitas Riau, di Aula FISIP, Rabu (8/04/2015).

Ketua Pelaksana dan juga Ketua JP2E Distrik Riau, M.Iqbal Fikri mengatakan acara ini digelar karena kepedulian pemuda dan masyarakat terhadap masa depan energi nasional. Tujuannya untuk memberikan resolusi berbasis efektivitas dalam bidang manajemen pengelolahan energi migas, memberikan penyadaran atau kepedulian bagi masyarakat awam dan kalangan akademik non-teknik akan pentingnya kedaulatan energi migas dan ketahanannya ke depan.

Sementara itu, Saleh Abdurrahman selaku Kapuskom Kemen ESDM mengatakan kesadaran seperti itu menjadi penting mengingat kini mendesak diadakannya program diversifikasi energi migas, konversi dari minyak ke gas dan pengolahan energi baru dan terbarukan sesuai dengan amanat Perpres No 5 tahun 2006 tentang kebijakan energi nasional dan Permen ESDM No 10 tahun 2012 tentang pelaksanaan kegiatan fisik pemanfaatan energy baru dan energi terbarukan.

Terselenggarakan seminar ini juga tidak terlepas dari dukungan Kemen ESDM, SKK Migas, Chevron dan BOB Siak Pusako..

Adapun narasumber dalam seminar yang digelar mulai pukul 09.30 Wib hingga pukul 12.30 Wib itu diantaranya Saleh Abdurrahman, Kapuskom Kemen ESDM, Humas SKK Migas Ruli dan Paulus Suryono dari Chevron.

''Harapan saya acara ini mampu menjadi penyemangat kepada generasi muda untuk sadar energi,'' ujar salah seorang peserta seminar. (rls)