PEKANBARU, GORIAU.COM - Calon Gubernur Riau H. Jon Erizal, SE, MBA, menyatakan akan meniru pola yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dalam penanganan masalah kemasyarakatan. Pasalnya, pola yang diterapkan Jokowi terbukti ampuh untuk menyelesaikan persoalan masyarakat.

''Kita akan tiru pola yang dilakukan Jokowi karena terbukti dapat menyelesaikan masalah masyarakat,'' ujar Jon Erizal dalam pertemuan silaturrahmi dengan Ikatan Keluarga Nias Riau (IKNR) di kediamannya, Jalan Sapta taruna, Pekanbaru, Rabu (14/8).

Hadir puluhan tokoh Nias antara lain Ketua Umum IKNR Elmansa Telambanua, Sekjen Alimasa Gea, Bendum Nurtiana Gea, Penasehat Dos T. Lawolo, Kepala Humas Martin Gulo dan Karel Zagoto. Jon Erizal didampingi penasehat tim pemenangan, Djufri Hasanbasri dan Sekjen IKMR H. Marjoni Hendri.

Jon Erizal mengambil contoh penanganan pedagang kaki lima (PKL) Tanah Abang yang dilakukan Jokowi. Selama bertahun-tahun, bahkan beberapa kali pergantian Gubernur DKI, masalah PKL Tanah Abang tak pernah teratasi. Namun pada era Jokowi, masalah PKL Tanah Abang dapat diatasi. Mereka dipindahkan ke tempat yang telah disediakan tanpa menimbulkan masalah. Sekarang, Tanah Abang sudah tertata rapi dan dibuat taman-taman.

Menurut Jon Erizal, pola penanganan yang dilakukan Jokowi perlu ditiru. Sebelum PKL dipindahkan, Jokowi telah melakukan pendekatan ke pedagang. Begitu pula kepada orang-orang yang selama ini hidup dengan PKL setempat. Lalu, Jokowi mencarikan solusi pemindahan ke tempat yang baru yang sudah disiapkan dan ditata dengan baik. Tempatnya tidak jauh sehingga interaksi pedagang dan pembeli tetap terjaga. Pemindahan PKL pun tidak memberatkan pedagang.

Begitu pula, kata Jon Erizal, dalam penanganan buruh. Sepanjang pola dan caranya tepat, dapat diyakini tidak akan menimbulkan masalah. Buruh merupakan aset perusahaan yang harus diperhatikan. Perannya sangat menentukan untuk kemajuan suatu usaha dan perkembangan ekonomi. ''Tidak ada suatu negara di dunia ini yang maju tanpa peran buruh,'' ujar pengusaha nasional ini.

Masalah pedagang, buruh dan petani, merupakan bagian yang diminta perhatikan oleh IKNR jika Jon Erizal terpilih sebagai Gubernur Riau 2013-2018. ''Sebagian besar warga kami bekerja sebagai buruh, pedagang dan petani,'' ujar Ketua Umum IKNR Elmansa Telambanua. Untuk itu, mereka siap mendukung dan memenangkan pasangan Jon Erizal dan Mambamg Mit (JE-MM) dalam Pilkada 4 September nanti. (rls)